Intip Tunggangan Sebastien Ogier di Musim WRC 2021

Memasuki musim baru World Rally Championship (WRC) 2021, tampaknya Toyota Gazoo Racing (TGR) menunjukan kesiapannya menghadapi aura kompetisi baru. Setelah pengenalan GR010 Hybrid untuk ajang balap ketahanan, Kini Toyota mengenalkan kendaraan untuk menjajal ajang reli prestisius tersebut, Yaris WRC.

Alih-alih menggunakan GR Yaris untuk musim ini, karena terganjal regulasi, akhirnya secara Resmi Yaris WRC dikenalkan sebagai generasi mobil reli Toyota yang sudah diandalkan sejak 2017 lalu.

Foto: WRC

Padahal, sejak kemunculannya pada pertengahan 2020, Toyota sudah menjalankan tahap pengujian dan pengembangan GR Yaris agar bisa berpartisipasi dalam kejuaraan WRC. Namun, untuk memenuhi homologasi dari FIA untuk WRC, Toyota mempertimbangkan dampak prioritas finansial akibat pandemi Covid-19 sepanjang 2020. Terlebih, regulasi WRC memutuskan kendaraan beralih ke platform hybrid mulai 2022.

Foto: WRC

Soal livery, Toyota mengadopsi desain yang unik pada Yaris WRC edisi 2021 ini. Langsung terlihat bedanya arah desain livery untuk tahun ini dibandingkan sebelumnya. Toyota mengadopsi gaya asimetris untuk permainan warna dan garis yng menghiasi body hatchback ini. Warna dasar putih dipertahankan, dengan aksen merah dan hitam yang kuat.

Sejumlah logo perusahaan yang menjadi sponsor dan pemasok WRC muncul lebih terlihat, seperti DMG MORI, Denso, dan Panasonic. Sementara logo Pirelli kini hadir menyusul bergantinya pemasok ban WRC dari Michelin. Livery baru ini juga diungkap saat Toyota meramaikan Tokyo Auto Salon 2020, yang digelar via online karena terdampak pandemi.

Yaris WRC 2021 masih menggunakan mesin Toyota Gazoo Racing WRT 1.6 L (1.600 cc) 4-silinder, 16-katup turbocharged. Transmisi masih menggunakan 6-percepatan hidraulic shift semua roda bergerak (all wheel drive).

Yaris WRC tahun ini juga masih dilengkapi sistem canggih pengatur kecepatan gerak keempat roda yang biasa disebut active center and mechanical front and rear differentials.

Foto: WRC

Debut kompetisi livery baru Yaris WRC ini akan berlangsung pada seri Reli Monte Carlo 2021, tanggal 21 – 24 Januari mendatang. Duet pereli Sebastien Ogier dan navigator Julien Ingrassia akan berusaha mempertahankan gelar juaranya musim ini.

Selain Ogier dan Ingrassia, line up TGR juga mengandalkan duet Elfyn Evans dan Scott Martin, juga Kalle Rovanpera dan Jonne Halttunen, lalu Takamoto Katsuta dan Dan Barritt.

Bersama Yaris, Toyota Gazoo Racing terbukti mampu membukukan kemenangan dengan raihan memenangkan 17 kemenangan seri, 322 kemenangan stage atau etape. Dari semuanya itu, Toyota memenangkan gelar juara dunia pabrikan pada 2019, serta gelar pereli dan co-driver untuk 2019 dan 2020.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles