Gelaran CES 2021: Hadirkan Sistem Hiburan BMW I-Drive Terbaru Sampai Mobil Terbang

NMAA News – Consumer Electronics Show (CES 2021) yang berlangsung di secara virtual, lantaran pandemi Covid-19 yang masih menghantui. Kendati demikian, acara pameran elektronik dan teknologi terbesar di dunia ini masih diikuti sejumlah merek ternama di produsen elektronik dan kendaraan bermotor.

Kehadiran beberapa produk inovasi dan ide segar pada awal 2021 sekaligus hadir sebagai cetak biru perkembangan teknologi di era digitalisasi saat ini. Tak terketinggalan, beragam produk otomotif juga dihadirkan dari para pabrikan manufaktur otomotif dan part kendaraan.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang dihadiri 150.000 pengunjung, CES 2021 yang dihelat pada 11 – 14 Januari 2021 secara virtual ini tetap berlangsung meriah. Dikutip dari laman ZDNet menyebut, ada tiga tren di CES 2021 ini. Pertama, kesehatan dan keselamatan kerja memasuki era kelaziman baru; kedua, teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia; ketiga penyesuaian teknologi 5G.

CES virtual tahun ini akan menampilkan sekitar 2.000 vendor. Sebagai perbandingan, pertunjukan tahun lalu di Las Vegas memiliki 4.500 vendor.

  1. Sistem Terbaru i-Drive BMW

Pertama kali diluncurkan pada awal 2000an, i-Drive BMW mencakup sistem pengroperasian sejumlah fitur kendaraan BMW di ruang kabin dan remote. Pada CES 2021, BMW menyuguhkan ide baru pengoperasian sistem kecerdasan buatan.

Agar pengemudi lebih mudah mengakses informasi mengenai lebih banuyak hal, i-Drive baru berisikan lebih banyak sensor dan konektivitas untuk menjembatani kesenjangan antara teknologi analog dan digital. Dan ini, pada gilirannya, menandai pergeseran paradigma lain, karena jumlah fungsi yang tersedia di dalam mobil.

Perusahaan menyebut, kali ini i-Drive dapat memanfaatkan kecanggihan pada sistem terbaru “Lebih aman, nyaman, dan bahkan lebih kaya variasi,” kata BMW.

  1. Mobil Terbang Cadillac

Konsep mobil otonom kembali dihadirkan oleh pabrikan kendaraan asal Amerika Serikat (AS), General Motors. Hari kedua CES 2021 Virtual, Selasa (12/01) mobil konsep tanpa supir ini mampu membawa satu orang penumpang untuk bermobilitas di udara, bahkan dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal dengan sistem Vertical Take-off and Landing (VTOL)

Laman berita Reuters menulis, salah seorang Eksekutif Senior GM menyebut konsepnya sebagai “membayangkan kembali masa depan transportasi pribadi”.  Unit kendaraan masa depan ini dapat melaju hingga kecepatan 55 mil per jam  atau jika dikonversi ke kilometer setara dengan setara 88,5 km/jam. Dibekali motor 90 kW dan baterai  GM Ultium dan bodi ultra-ringan dengan empat pasang rotor.

  1. Parade Mobil Listrik dari Pabrikan Kendaraan Dunia

Momentum berkumpul sekitar tahun 2021 menjadi tahun terobosan untuk EV (kendaraan listrik). Produsen mobil mengubah beberapa merek industri paling ikonik menjadi EV, termasuk Mustang, Ford F-150, dan Hummer.

Foto: forbesimg.com

Tesla baru saja mencapai setengah juta kendaraan yang telah lama diprediksi terjual pada tahun 2020, angka yang lama diejek dan diragukan oleh industri otomotif. Pada hari Selasa, 12 Januari, GM CEO Mary Barra akan memberikan keynote address pembukaan CES dan Chevy telah berjanji bahwa pengumuman EV baru akan datang. Berbicara tentang gadget besar, traktor bertenaga robot dan kecerdasan buatan John Deere adalah salah satu pemenang CES Innovation Award tahun ini.

  1. Konsep Kota Masa Depan “Bridgestone World”

Foto: motor1.com

Pabrikan kulit bundar asal Jepang Bridgestone Corporation menayangkan video sebuah kota interaktif masa depan. Tayangan tersebut merefleksikan bagaimana Bridgestone berinovasi dalam aspek mobilitas berkelanjutan di masa yang akan datang.  Sebagai langkah mendorong peluang kolaborasi kemitraan dengan para pelaku teknologi.

Salah satu opsi pilihan dalam Bridgestone World memungkinkan pengguna mengintip ke beberapa sudut perkotaan. Nantinya, para pengguna dapat menjelajahi metode Bridgestone dalam menghubungkan produk layanan berbasis data untuk menanggulangi beragam masalah di lingkungan urban. Secara Virtual Reality 360 derajat.

“Teknologi aktif, cerdas, dan terintegrasi secara digital sangat penting untuk tujuan kami menciptakan nilai baru bagi masyarakat dan pelanggan melalui mobilitas berkelanjutan dan solusi tingkat tinggi,” terang  President & CEO, Bridgestone Americas, sekaligus Executive Vice President dan Executive Officer, Bridgestone Corporation, Paolo Ferrari.

  1. Truk Raksasa Tanpa Supir

Foto: cat.com

Produsen alat berat Caterpillar ikut meramaikan pameran teknologi CES 2021. Lewat truk otonom setinggi rumah dua lantai ini, sejak dulu sudah dikenal sebagai kendaraan untuk aktivitas tambang. Truk berjuluk Cat 797F mengusung konsep “Autonomous Haul Trucks Caterpillar” memuat spesifikasi bobot bersih hingga bobot 284,6 ton. Sedangkan, jika terisi penuh bisa mencapai hingga 687,5 ton, atau setara 15 pesawat penumpang.

Truk otonom satu ini bisa memantau dan mengelola kinerja mesin dan manusia. Truk ini juga dibekali teknologi MineStar Edge untuk menghubungkan akses data berbasis cloud ke data operasi real time.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles