Modifikasi Suzuki Katana 1997 dengan Komponen Jimny JA11 dan Inspirasi Warna Land Rover

NMAA News – Suzuki Katana lansiran 1997  masih banyak diminati anak muda pecinta off-road Tanah Air. Meski tergolong mobil lawas, tampilannya seolah tak lekang oleh zaman. Lihat saja, modifikasi Suzuki Katana 1997 tipe GX milik Andri Aceng ini yang disulap jadi makin klimis.

Sejumlah komponen dan perintilan aksesoris adalah copotan dari Suzuki Jimny JA11 versi JDM, sedangkan warna kelir ulang kini mengaplikasikan “Grasmere Green” milik Land Rover dengan warna putih di bagian atap.

Foto: Andri Aceng

“Konsepnya sendiri mengadopsi dari kombinasi kedua mobil off-road tersebut, sekarang saya hadirkan dalam unit Suzuki Katana,” buka Andri saat dihubungi NMAA Media, Kamis, (14/01).

Komponen eksterior copotan Jimny JA11 terpasang rapi dari mulai bumper depan, grill yang menyatu dengan foglamp, airscoop dan spion turut melengkapi. “Atapnya juga sekarang dibuat trepes dari bentuk bawaanya yang cembung lalu di repaint lagi berwarna chawton white ,” ulas Andri.

Beralih ke bagian samping, kaki-kaki bawaan menggunakan copotan Jimny JA11 berbalut ban Yokohama Geolandar A/T. | Foto: Ist @grasmere.katana

Di balik kap mesin, belum banyak ubahan modifikasi karena konfigurasi standar masih diandalkan. Dapat diartikan kalau jantung mekanisnya masih menggunakan mesin berkode F10A berkapasitas 1.000cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 50 PS pada 5.500 Rpm dan torsi maksimal mencapai 7,5 Kgm/3.500 Nm. “Untuk mesinnya tidak saya rubah sama sekali, hanya dirapikan saja,” tambah Andri.

Masuk ke ruang interior kesan klasik dan sporty mendominasi tampilannya. Dua jok two tone berasal dari kombinasi moti kotak-kotak dan warna hitam untuk menambah kesan gaharnya. “Basisnya saya pilih jok copotan dari Mazda RX 8, kelihatannya sporty tapi bisa masuk ke konsep interior klasik,” imbuh Andri.

Foto: Ist @grasmere.katana

Ubahan minor yang disematkan pada tampilan fisik Suzuki Katana satu ini,  seolah membawa ingatan ke masa kejayaan SUV 23 tahun lalu. Tapi, masih relevan di bawa ke zaman sekarang.

“Sejumlah komponen saya rubah tidak terlalu banyak, malah dibuat gimana caranya tampang Jimny masih bisa dikenali, walaupun ini Suzuki Katana kan, bisa dipakai harian juga,” tutupnya.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,582FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles