Resep Sukses Honda Brio Puncaki Pasar Mobil Nasional: Fitur Lengkap dan Strategi Pemasaran yang Tepat

NMAA News – Honda Brio akhirnya menuntaskan tahun pandemi 2020 dengan prestasi memuaskan. Untuk pertama kalinya, Honda Brio menjadi model pertama Honda yang merajai dan berada di peringkat pertama penjualan kendaraan roda empat secara nasional. Prestasi ini sekaligus menumbangkan dominasi Toyota Avanza yang secara berurutan menguasai pasar tiap tahun.

Dengan total penjualan 43.021 unit yang mencakup perincian 31.713 unit terjual untuk Honda Brio Satya dan 11.308 unit untuk Honda Brio RS, duet maut ini menyumbang kontribusi hingga 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang 2020 yang tercatat 79.451 unit. Bahkan hingga akhir 2020, Honda Brio Satya menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar 27,2%. Sedangkan Honda Brio RS menguasai 74,7% pangsa pasar segmen City Car.

Menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menjelaskan, pencapaian Honda Brio tersebut sejalan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar pembeli mobil pertama, terutama kalangan anak muda dan keluarga muda.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC) berkualitas tinggi dari Honda. Tak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya juga didukung  mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter bertenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan standar tinggi.

All-new Honda Brio RS

Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89%. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.

Pada 2016, Honda memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru berkarakter lebih sporty. Generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain di bagian depan dan belakang yang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi semakin luas. Dengan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang sporty dan fun-to-drive sesuai DNA Honda, dengan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Sesuai karakter dan profil konsumennya, Honda Brio menerapkan strategi pemasarannya yang dekat dengan kaum muda. Honda Brio banyak terlibat dalam berbagai ajang balap dan aktivitas yang melibatkan anak muda. Sejak 2014, Honda menggelar ajang balap One Make Race untuk Honda Brio bertajuk Honda Brio Speed Challenge. Sebagai salah satu agenda balap nasional, Honda Brio Speed Challenge juga sangat populer dan telah banyak melahirkan pembalap muda berbakat.

Tak hanya itu, Honda Brio Saturday Night Challenge semakin memperkuat citra Honda Brio sebagai mobil sporty dengan membawa ajang slalom lebih dekat dengan anak-anak muda. Aktivitas Honda Brio juga meliputi ajang modifikasi, pencarian musisi berbakat melalui Brio Music Project dan masih banyak lagi. Menyambut era digital, aktivitas Honda Brio merambah ke ajang virtual melalui kontes modifikasi digital Brio Virtual Modification Contest, hingga proyek terbarunya yaitu aplikasi mobile games bertajuk Brio Virtual Drift Challenge.

Sebagai pengakuan terhadap keunggulan, hingga saat ini Honda Brio telah mendapatkan total 36 penghargaan dari media di Indonesia untuk berbagai kategori, di antaranya kategori mobil terbaik, konsumsi bahan bakar terbaik, mobil pilihan konsumen, hingga kategori biaya operasional terbaik di kelasnya.

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles