Singer Vehicle Design Racik Ulang Porsche 964 Turbo Jadi Mobil Off Road

Tuner spesialis Porsche asal Amerika Serikat, Singer Vehicle Design (SVD) merombak tampilan Porsche 911 generasi kedua, 964 Turbo.  Proyek ini hadir dari permintaan seorang pelanggannya yang ingin menghadirkan generasi 911 tersebut bisa diturunkan di balap off-road. Mobil ini terinspirasi dari reli Porsche 1980-an dengan model seperti 959 dan 911 SC/RS.

Proyek modifikasi Porsche 964 Turbo lansiran 1990 yang dinamai ‘Singer All-Terrain Competition Study’ (ACS) ini, menggandeng pakar kompetisi Off-road, Richard Tuthill. Berbeda dari karakter restorasi modifikasi (Restomod) yang biasa dikerjakan SVD, Porsche 964 Turbo ini disesuaikan untuk kebutuhan kompetisi.

Foto: Top Gear

Tampilan bumper depan kini mendapat sentuhan baru, lengkap dengan mud guard dan wing besar penambah efek downforce. Proyek ACS ini sekaligus menyelesaikan dua unit sesuai pesanan klien SVD. Unit pertama selesai dalam balutan warna Parallax White ikonik dari Singer, sedangkan unit kedua dilabur kelir Corsica Red.

Dilansir dari laman Top Gear, mobil putih dirancang khusus untuk reli gurun, dan mobil merah untuk aplikasi di jalur aspal. Keduanya mengusung ground clearance lebih tinggi, jarak main suspensi lebih baik, dan performa keseluruhan yang lebih mumpuni dari 911 standar. Panel bodi carbon dirancang untuk penggantian cepat dan akses bawah bodi mobil yang mudah jika salah satu komponen mobil rusak.

Foto: Top Gear

Racikan komponen kaki-kaki ditopang suspensi lengan ayun dan twin 5-way adjustable damper di setiap sisinya agar porsinya lebih jangkung. Velg diganti ukuran 16 inci dibalut ban BF Goodright All-Terrain. Sisten pengeremannya dioptimalkan lewat monoblock steel disc brake 4-piston.

Agar performanya lebih baik di trek, konfigurasi jantung mekanis mengandalkan versi bawaan mesin flat-six 3,6 liter berpendingin udara dengan induksi turbo kembarnya. Tenaga tersebut dikawinkan girboks sequential 5-percepatan ke semua roda (all wheel drive).

Foto: Top Gear

Tak hanya itu, agar penyaluran traksi lebih baik, disematkan komponen Limited Slip Differential (LSD) pada bagian tengah sumbu roda depan dan belakang. Hal ini guna mengimbangi muntahan tenaga yang diklaim hingga 450 hp dengan torsi puncak 560 Nm.

Foto: Top Gear

Perlengkapan khusus pun diboyong memberi kapabilitas tinggi saat kompetisi. Termasuk di dalamnya tangki bensin untuk daya jelajah jarak jauh dan dua ban cadangan. Driver dan Co-Driver dilindungi roll cage serta bucket seat sesuai spesifikasi regulasi FIA. Sebagai tambahan, sistem rehidrasi disediakan untuk pengemudi dan navigator plus sistem GPS khusus balap.

Foto: Top Gear

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles