Begini Dua Cara Bikin Pelek Aftermarket Jadi Bisa ‘Ngaca’

NMAA News – Tampilan pelek aftermarket memang menawarkan desain menarik dari versi standar. Tapi, terkadang masih belum sesuai dengan selera pemiliknya atau dapat pelek aftermarket yang bahkan tidak sesuai dengan warna mobil.

Saat ini sedang digandrungi tren finishing high polish di kalangan car enthusiast. Lantaran mobil-mobil baru menerapkan banyak aksen mengilap pada beberapa bagian bodi. Meski tidak selalu berawal dari kerusakan, akan tetapi masih banyak yang menginginkan warna asli alumunium dari pelek aftermarket tersebut.

“Jadi yang disebut finishing high polish itu mengembalikan warna dasar peleknya. Biasanya dilakukan kalau pelek mobil sudah grepes atau sempat accident sebelumnya,”buka Willy Mohammad punggawa F*ck Wheel Dude (FWD).

Finishing ini memiliki kelebihan karena bisa diterapkan pada pelek berbahan aluminium 6061 seperti yang dipakai velg forged. Artinya, finishing ini dapat mengekspos build quality material sebuah pelek. Cocok untuk modifikasi bergaya elegan atau restorasi.

Koleksi Pelek Aftermarket besutan SSR SP3 ring 19 baru mengaplikasikan high polished | Foto: NMAA

Bukan tanpa alasan, untuk mengembalikan kondisi pelek aftermarket meski tidak seutuhnya terlihat baru cara ini masih banyak digunakan. Di tokonya, Willy pun kerap menerima pelek dengan kondisi baret atau grepes akibat menghantam trotoar.

“Kalau sudah begitu, kalau di repaint hasilnya jelek, nantinya jadi kayak kulit jeruk. Opsi yang paling direkomendasikan ya high polish saja. Saya jamin bengkel lain pun begitu, karena mengembalikan tampilan pelek sama persis seperti pabrikan sekarang belum bisa dilakukan,” ujar Willy.

Foto: NMAA

Selama menjalani proses high polish, pertama-tama pernis pelek aftermarket diangkat menggunakan soda api, lalu seluruh permukaan pelek mulai digosok mengunakan ampelas secara bertahap. Dari mulai memoles dengan ampelas 50 sampai 2000.

Tapi ada lagi tahap supaya pelek afermarket bisa kembali standout dengan menempuh proses krom celup. “Prosesnya sendiri dikenal dengan plating dengan cara dicelup. Pakai cairan yang sama kayak buat krom tapi sudah ada varian warnanya,” terang Willy.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by willymohammad (@willy_fwd)

Berbagai jenis warna  velg bisa dipilih, dari mulai warna orisinal, biru, orange atau beberapa varian warna lain.

“Efek warnanya menarik, kayak ada bayangan gitu. Soalnya plating ini punya karakter tampilan yang sama seperti finishing candy,”jelas Willy.

Sedangkan untuk pemeliharaanya sendiri dapat dilakukan secara mandiri dengan cara menggosok metal polish pada permukaan pelek.

Adapun dua proses finishing pelek aftermarket tersebut dibanderol dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk high polished. Sedangkan chrome plating dibandeol mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta tergantung ukuran ring pelek.

Nah, buat NMAA Member yang akan memperbaiki velg peang bisa datang langsung ke F*ck Wheel Dude Store di Jalan Aceh No.39 atau DM Instagram @willy_fwd.

Foto: NMAA

Sejumlah jasa perbaikan pelek seperti perbaikan pelek peang, las, kelir ulang hingga ganti lips dan barrel bisa dilakukan.

Ada juga beberapa varian velg aftermarket dengan beragam varian ukuran, jenis dan merek terkenal. Nah, cocok nih buat berburu pelek 3 pieces aftermarket.

Sedangkan khusus katalog velg aftermarket dengan harga terjangkau bisa dilihat stoknya di akun Instagram @underceban_wheels.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles