Hadirkan Nuansa Interior Khas Sportcar, Kenali Dulu Plus Minus Kain Alcantara

NMAA News – Alcantara makin diminati bukan hanya oleh industri otomotif. Karenanya, dengan tampilan eksklusif merek dagang untuk bahan suede banyak dipesan di sejumlah negara. Bahkan, pabrikan Alcantara S.p.A di Italia sempat mengaku kewalahan menerima banyak pesanan.

Lantaran kualitas dan tampilannya banyak ditujukan untuk menunjang style dan fungsinya di interior mobil harian, pemakaian alcantara kini banyak diminati. Terutama di menyasar gaya modifikasi racing look dengan opsi weight reduction atau diet bobot mobil.

“Keunggulan tekstur lembut alcantara bisa diaplikasikan ke sejumlah bagian interior. Steering wheel, plafon, kursi, apapun juga hampir semua sektor interior bisa,” buka Edy punggawa Vertue Concept, Jalan Danau Sunter Utara No. 6, Sunter Agung, Jakarta.

Karena tekstur halusnya rapi dan proporsional, sejumlah pabrikan manufaktur mempercayakan Alcantara melapis bagian interior. Lihat saja mobil sport seperti Lamborghini atau Ferrari. Bobot ruang kabin begitu diperhitungkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Material pembuatan alcantara terbuat dari polyurethane, polyester dan microfiber. Jika dibandingkan dengan kulit, Alcantara terasa lebih lembut saat disentuh dan dapat diberi finishing warna yang lebih menyala.

Bahan sejenis ini juga memuat koefisien gesekan yang tinggi untuk menambah cengkeraman yang lebih baik. Selain itu, didukung dengan bobot yang ringan. Sebagai contoh, jika sebuah interior mobil dilapisi oleh Alcantara, bobotnya 50% lebih ringan daripada kulit.

Dasbor Berlapis Alcantara oleh Vertue Concept | Foto: IMX 2020

Perlu diketahui, keunggulan alcantara tidak muncul begitu saja tanpa kelemahan. Edy memaparkan, bahan pelapis alcantara terbilang sensitif.

”Itu dia, tekstur halus alcantara saat ini tidak dilengkapi kemampuan kedap air yang cukup baik. Jadi, kalau terpapar tumpahan air harus segera di lap menggunakan kain lap microfiber,”terang Edy.

Sensitivitas kain alcantara amat berpengaruh terhadap perawatan berkala yang bisa dilakukan di rumah. Selama masa pemakaian yang cukup lama, pemudaran warna tidak bisa dihindari.

“Perawatan khusus untuk kain alcantara di Vertue enggak ada. Paling menghilangkan paparan debu atau kotoran dengan cara treatment interior standar,” papar Edy.

Foto: alcantara.com

Dalam proses pemasangan kain alcantara di Vertue Concept, sejumlah tahap yang mesti dilalui memerlukan effort lebih.

“Bahan satu ini tidak elastis, jadi kalau ingin memasangnya harus presisi dari membuat pola tanpa menggunakan pen pola. Apalagi untuk warna terang, karena lebih detail dan tingkat kesulitannya berbeda dengan kain pelapis lainnya,”terang Edy .

Adapun harga kain pelapis alcantara di Vertue Concept dibanderol mulai Rp 3 juta hingga Rp 3,5 juta per meter. Estimasi waktu pemasangan alcantara juga tidak bisa dipastikan selesai dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin bertanya dulu soal kain alcantara di interior mobil sila berpesan terlebih dulu melalui DM Instagram @vertueconcept.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles