Teknologi Turbo Jadi Jurus Pemikat Produk Masa Depan Daihatsu

NMAA News – Seiring perkembangan teknologi otomotif terkini, komponen turbo lumrah disematkan pada model mobil kekinian yang dilakukan beberapa produsen otomotif dunia. Salah satunya, seperti yang  dilakukan Daihatsu di Jepang yang menyematkan teknologi turbocharger pada beberapa modelnya.

Beberapa model mobil Daihatsu di Jepang dikenal mengusung mesin berkapasitas kecil, namun performanya rata-rata naik hingga 30% dari kemampuan kapasitas mesin aslinya. Seperti mobil Daihatsu Tanto bermesin 660 cc, memiliki performa setara mobil berkapasitas 1.000 cc.

New Daihatsu Taft

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger mobil Daihatsu mengadaptasi sistem induksi di mesin dengan memanfaatkan gas buang guna menghasilkan udara bertekanan tinggi menuju ruang pembakaran. Turbocharger manfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, sehingga kendaraan Daihatsu lebih ramah lingkungan.

Sebagaimana diketahui, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti Daihatsu New Tanto, dan Daihatsu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

New Tanto, kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA dan teknologi turbo

Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” ujar Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles