Begini Proses Restorasi Interior Mobil Super Giveaway Virtual Stage IMX Bali

NMAA News – Menuju gelaran pemanasan Road to Series: Virtual Stage Indonesia Modification Expo (IMX 2021) di Bali akhir pekan ini menjadi agenda kegiatan para petrolhead. Selain itu, unit Super giveaway berupa Restomod  Honda Grand Civic bakal diundi untuk audiens di akhir acara.

Di kanal Youtube Vertue Concept, Sabtu, (6/3) pengerjaan interior ditempuh untuk mengembalikan tampilan asli Honda Grand Civic LX lansiran 1991. Supaya dapat digunakan untuk bermobilitas harian, nyaman dan mempertahankan orisinalitas sekitar 95% tidaklah mudah.

Selama pengerjaan di spesialis interior Vertue Concept, Sunter, Jakarta, ruang interior mobil sedan 90an tersebut akhirnya rampung setelah mengerjakan selama satu bulan lebih. Hasilnya, bisa kita lihat penyempurnaan detail pada panel interior tampak seperti baru.

“Restorasi interior Honda GC secara tingkat kesulitan tentunya tidak semudah dengan langkah modifikasi. Banyak hal perlu kita pikirkan dan diakali supaya tampilan orisinal tetap terjaga,” ujar Edy.

 

Edy mengatakan, justru pengerjaan restorasi merupakan tantangan yang mesti dirampungkan oleh Vertue Concept. “Kesulitan apapun kita selalu hadir untuk menawarkan solusi. Pertama-tama kita upayakan semaksimal mungkin dapat komponen interior orisinal,” kata Edy.

Sejumlah proses yang mesti dilakukan melewati tahap pembongkaran, mencuci sejumlah bagian berbahan kain, penambahan aksesoris penunjang, dan terakhir untuk meningkatkan higienitas

“Untuk treatment sebetulnya tidak ada, itu masalah taste saja. Bagaimana nanti menghasilkan warna interior enggak terlalu doff atau glossy. Karena bagian tertentu pasti sudah memudar atau nglotok,”urai Edy.

Bagian interior yang direkondisi terdiri dari restorasi setir kemudi dengan langkah retrim menggunakan emboss mirip versi aslinya. Dilanjut dengan merekatkan bagian dasbor menggunakan lem agar menghasilkan permukaan rata. Begitupun penyegaran di bagian plafon standar untuk merapikan kondisi jebol atau berlubang.

Bangku kemudi pada baris depan dan belakang sudah melewati proses pencucian, pasalnya jenis pelapis fabric ini mudah menampung debu dan kotoran. Setelah itu, proses dilanjut dengan merapikan beberapa sisi kain pelapis yang sudah robek.

Berikutnya, bagian door trim dan dek belakang juga menempuh proses restorasi tidak jauh berbeda seperti komponen lainnya dengan tujuan membawa memorabilia masa kejayaan Honda Grand Civic pada 1990 silam.

” Bagi kami (Vertue Concept) ini pekerjaan seni, tidak mudah dilakukan tapi membutuhkan kreatifitas dan jam terbang. Kami harap pemenang Super Giveaway di Virtual Stage IMX 2021 Bali nanti tetap mempertahankan keasrian interior mobil ini,” harap Edy.

Menghasilkan tampilan interior mirip seperti keluar pabrik tentunya juga datang dengan beberapa masalah dari mulai ketersediaan barang, langkah pengerjaan supaya tepat waktu atau harga part orisinal yang cenderung tinggi. Seluruh poin tersebut rupanya dapat terjawab oleh spesialis interior di bilangan Sunter, Jakarta Utara ini.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles