Daihatsu Punya Produk dengan Sistem Penggerak Roda Berbeda, Apa Saja Kelebihannya?

NMAA News – Kendati kehadiran dan posisinya kerap diabaikan dalam ulasan kenyamanan, kestabilan dan efisiensi bahan bakar, sistem penggerak roda yang berada di kendaraan memiliki peran vital bagi ekosistem sebuah kendaraan.

Saat ini banayk industri otomotif menawarkan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan penggunanya. Salah satunya, perkembangan di sektor sistem penggerak roda. Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini menjadi hal penting penentu performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi.

Di dunia otomotif, terdapat lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil, yakni: FF (Front Engine-Front Wheel Drive); FR (Front Engine-Rear Wheel Drive); MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive); RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive); dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive). Di pasar mobil Indonesia sendiri, sistem penggerak FF dan FR yang paling banyak diminati.

Pada sistem kemudi FF, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan pada mesin FR, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil terdapat pada roda belakang.

Astra Daihatsu Ayla, salah satu produk Daihatsu yang menggunakan sistem penggerak roda depan

Menyikapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam memproduksi mobil memilih dua pilihan konfigurasi sistem penggerak berbeda, yakni sistem gerak roda depan dan belakang. Kendati berbeda konstruksi, namun Daihatsu berupaya bisa  memproduksi kendaraan yang nyaman dan efisien.

Masing-masing sistem penggerak ini memiliki keunggulan dan karakteristiknya tersendiri. Pada mobil sistem kemudi FF, seperti Daihatsu Sirion, Ayla, dan Sigra, berat mobil lebih ringan berkat tiadanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Hal ini pula yang membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit.

Keunggulan lain mobil berpenggerak roda depan adalah traksi lebih baik pada jalanan licin, seperti saat hujan. Hal ini karena roda depan sebagai penggerak kendaraan dan berat mesin mobil terletak di bagian depan kendaraan.

Untuk mobil berpenggerak roda belakang seperti Xenia, Terios, Gran Max, dan Luxio, memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan lebih baik, terutama saat berakselerasi dan saat dikemudikan kecepatan tinggi. Hal ini lantaran meratanya berat kendaraan dari depan sampai belakang. Mobil berpenggerak roda belakang juga dikenal lebih bertenaga saat di tanjakan dan lebih kuat menghela kendaraan penuh penumpang.

Karena itulah, ADM yang ppuluhan tahun bersama masyarakat Indonesia senantiasa memprioritaskan kebutuhan pelanggan dalam penyediaan kendaraan. Teknologi penggerak mobil Daihatsu, diimplementasikan ke mobil Daihatsu sesuai karakteristik mobil sehingga menghasilkan pengendaraan yang terbaik.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles