Dua Mobil Aston Martin Berbagi Tugas Jadi Safety & Medical Car di Ajang Balap F1 2021 

NMAA News – Ada saja cara Aston Martin berpartisipasi di balap Formula 1 musim 2021.Pabrikan kendaraan asal Inggris tersebut mengumumkan, bersedia memberikan 2 model lini produknya yang berbagi peran sebagai safety dan medical car resmi F1.

Mengingat perannya tidaklah mudah, minimal untuk mengimbangi cepatnya mobil F1, Aston Martin memberikan model Vantage yang sudah terkena ubahan performa dalam mengemban tugas khusus ini. Sedangkan model lainnya, DBX bertugas sebagai mobil medis F1. 

Sebuah safety car harus bisa mengimbangi setidakya tenaga mobil F1. Tenaga mesin Aston Martin Vantage  ditingkatkan menjadi 528 dk. Peningkatan tersebut tidak seiring dengan peningkatan daya putir atau torsinya. Untuk memudahkan berakselerasi, sistem transmisi mengalami ubahan sedemikian rupa. 

Tampang depan sebuah Vantage kini berubah, dari mulai grill dan splitter depan diklaim mampu memberikan downforce sebesar 155 Kg pada kecepatan 200 Km/h, meningkat 59 Kg dibandingkan versi Vantage biasa. Rigiditas sektor kaki-kaki struktural bagian depan kini ditingkatkan, begitupun perubahan pada peredam dan sistem kemudi.

Tak terketinggalan peran DBX diikuti dengan opsi dongkrak performa. Tugas tersebut turut merubah konfigurasi ruang kemudi. Terdiri dari penambahan dua alat pemadam kebakaran, satu defibrilator, dan burn kit. Tidak ada kursi belakang tengah, tetapi 4 bangku berjenis bucket seat dilengkapi seatbelt 6 titik.

Aston Martin menempuh jarak hampir 15 ribu km di kedua mobil ini untuk memastikan daya tahannya. CEO Aston Martin Lagonda, Tobias Moers, menggambarkan dua kendaraan itu sebagai “momen yang membanggakan bagi kita semua.”

Kedua model tersebut akan memulai debut perdana di Bahrain bertepatan dengan tes pra musim F1 pada 12 hingga 14 Maret mendatang. 

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles