Ini Dia Porsche Cayman S ‘Carbonized’ Pemenang Golden Ticket IMX 2021 di Road to Series Bali

NMAA News –  Gelaran Road to Series IMX 2021: Virtual Stage Bali berhasil mengumumkan pemenang Golden Ticket IMX 2021 pada 2 Oktober mendatang. Mobil sport bertabur karbon fiber Porsche Cayman asal Bali mendapat kesempatan spesial sebagai mobil yang bakal hadir di puncak acara IMX 2021 mendatang.

Pemilik Porsche Cayman S lansiran 2008, Ferry G mengaku bangga dengan hasil modifikasi mobilnya tersebut. ” Terimakasih IMX atas apresiasinya, senanga rasanya bisa berpartisipasi dalam gelaran IMX tahun ini,” ujar Ferry ketika dihubungi tim NMAA Media.

Selaku juri dalam NMAA Top 10, Erwin Chairudin dan tim NMAA telah mengkurasi sebanyak 80 unit mobil sesuai regulasi NMAA. “Walaupun sempat dilema memilih mana yang dapat Golden Ticket IMX, kita tegaskan bahwa seluruh objek modifikasi yang dinilai mempertimbangkan nilai estetika pada mobil tersebut. Terpenting bisa menyemarakkan skena modifikasi di Bali,” kata Erwin.

Dibalik proses penggarapan mobilnya, Ferry menjelaskan konsep modifiikasi untuk mendongkrak tampilan supercar Porsche Cayman S semakin estetik. Tingkat attention to detail diperhitungkan dengan matang di seluruh sektor modifikasi. Berikut sejumlah ubahan di Porschr Cayman S tersebut:

Modifikasi lampu depan dilengkapi dengan custom carbon headlights dipadu black housing , Front lamp HDX 8000K dan lampu DRL depan buatan Autovision | Foto:NMAA

1. Eksterior 

Bahasa desain elegan dan sporty dari Porsche jadi modal dasar mewujudkan ide modifikasi Ferry supaya mobilnya tampak eksklusif. Beberapa sentuhan modifikasi paling terlihat adalah sekujur bagian bodi carbon full carbon fiber. Tahap pembuatan ini dimulai pertama-tama melakukan proses cetak ulang serangkaian part body kit.

“Modelnya sendiri ini merupakan perpaduan elemen design seperti pada mobil performa Porsche di ajang balap seperti carrera GT,GT3 RS,911 turbo S serta GT2 RS,” ujar Ferry.

Dilihat dari fascia depan ubahan widebody amat kentara berkat pemasangan body kit custom berbahan carbon fiber. Antara lain bumper depan, bumper scoop, carbon lips, custom side skirt, side custom carbon lips, custom side carbon vent. Aksesoris dan kelengkapan di bagian depan eksterior dilengkapi dengan carbon mirror, GT2 style carbon front hood, serta Custom Roof rack delete plus roof di bagian atap.

Foto: NMAA

Beralih ke bagian belakang, serangkaian komponen aerodinamika ikut dirubah. Seperti  rear custom carbon bumper, custom carbon diffuser, carbon original wing, rear carbon GT3 RS turut melengkapi. Selain itu, lampu belakang diubah menggunakan rear lamp 981 LED style berpenampilan agresif. Sedangkan parts asli yang masih menempel yaitu daun pintu,atap dan spion.

“Estimasi total selama mengerjakan body kit berhasil dilalui sekitar 8 bulan,lalu untuk carbon nya sendiri proses nya sekitar 6 bulan. Apalagi selama proses tersebut membutuhkan fokus dan ketelitian demi menghasilkan keselarasan tampilan,” lanjut Ferry.

2. Rebuild Mesin 

Tidak sekedar menyeimbangkan ubahan eksterior, mesin sudah mengalami re-build total supaya menghasilkan performa lebih baik. Dari mesin bawaan berkapasitas 3,4 L 6-silinder ditingkatkan dengan penyesuaian para seluruh komponen turbocharger, ECU Master, Fuel injector clinics 750cc injectors dan sejumlah penyesuaian pada ruang mesin.

“Khusus pengerjaan mesin kita dapat kendala terbesar kita hadapi ketika membuat custom twin turbo kit. Karena ini merupakan produk turbo kit pertama di dunia untuk tipe mobil ini. Sehingga begitu menguras tenaga untuk riset, trial and error agar menghasilkan konfigurasi yang sesuai.

3. Undercarriage 

Memaksimalkan ganasnya ubahan mesin, memerlukan konfigurasi kaki-kaki sepadan supaya Porsche Cayman S dapat bermanuver dengan stabil dan menghasilkan tingkat rigiditas kaki-kaki dan komponen deselerasi.

Bagian master rem mengandalkan TRW 911 GT3 RS brake master cylinder memberikan tekanan hidrolis di kedua roda depan yang sudah mengalami peningkatan sistem rem menggunakan Brembo AMG SLS black series 6 pot ceramics dan rotor 405mm. Sedangkan roda belakang menggunakan Brembo big 4pot rear calipers dan rotor 380mm.

4. Velg dan Ban 

Fitment di keempat sudut roda mengekspos kaki-kaki kekar nan eksotis seperti mobil supercar Porsche pada umumnya. Jika dilihat dari belakang, ubahannya begitu jelas terlihat. Tampilan Velg berjenis three piece BCforged LE72 dengan spek 9,5 inch-12,5 inch.

Supaya baut roda mengikat maksimal ditambahkan single lug nut & titanium hardware. Menariknya, set up tersebut ditopang oleh piranti coilover lansiran BC racing BR.

Foto: NMAA

5. Interior

Serangkaian panel interior terkena sentuhan modifikasi untuk mempertahankan kasta interior supercar dengan kesan sporty  eksotisnya. Perpaduan dekorasi interior berwarna hitam berhias trim interior motif karbon senada dengan retrim interior terutama pada jok baris depan menggunakan bahan wulsdorf leather lansiran Lederpro.

Terlihat juga komponen suncoast glass engine cover, dan acrylic cabin separator custom dari Lederpro. Nah, cluster instrument terlihat pemasangan sejumlah indiktor diantaranya boost meter, oil pressure meter, oil temperature meter lansiran Defi serta digital cluster & race data logger.

6. Audio

Seperti disebutkan sebelumnya, Ferry mendapat banyak inspirasi dari sejumlah tampilan mobil performa Porsche. Seluruh ubahan modifikasi dimaksimalkan sesuai referensi yang menurutnya kapabel jika diaplikasikan di mobilnya.

Di bagian interior saja menunjukan ubahan sedikit kompleks dengan penampilan minimalis. Produksi suara dari konfigurasi sistem audio dibangun oleh tangan dingin tuner spesialis audio RX AUTOPRO. Di mobil seperti Porsche S  tidaklah lengkap jika sistem audio masih standar.

Karena itu, sejumlah ubahan diawali dengan memasang head unit floating android 10 inch, processor Venom pandora, power amplifier Venom Tube, subwoofer active besutan Pioneer, full range SB Accoustics serta penyeimbang berupa Midbass Helix competition.

Foto: NMAA

Pemenang awarding ticket nantinya berhak untuk berangkat dalam gelaran Indonesia Modification Expo 2021: Limitless All Virtual. Kesepuluh mobil modifikasi yang terpilih mampu menampilkan mobil proper usai proses kurasi dari  80 mobil registrasi yang didaftarkan.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles