Memorabilia Isuzu Holden Gemini, Sedan Bermesin Diesel yang Sempat Hits di Eranya

NMAA News – Generasi baby boomers pasti mengenal sedan bermesin diesel bermesin irit, Isuzu Gemini. Kabarnya, unit kendaraan lansiran PT Udatimex selaku ATPM Holden di Indonesia meluncurkan mobil yang memiliki nama lengkap Holden Gemini RB JT600 pada medio 1984 hingga 1990.

Sayang, tidak lama berselang eksistensi sedan irit bahan bakar ini harus tersingkir oleh mobil nasional saat itu, Timor. Padahal, kemampuan secara keseluruhan Holden Gemini dikenal tangguh di jajaran sedan seusianya. Tak heran jika mobil satu ini sempat diandalkan menjadi armada Taksi di beberapa kota di Indonesia.

Foto: favcars

Dibangun dari basis platform R buatan General Motor, desain Holden Gemini digarap apik oleh sentuhan tangan desainer asal Italia,  Giorgetto Giugiaro yang juga mendesain Ferari 250 GT SWB Bertone (1960), Fiat Uno hingga Ducati 860GT.

Di atas kertas, pabrikan membenamkan mesin diesel Isuzu berkapasitas 1500cc OHV 8 valve yang dikenal bandel dan irit bahan bakar. Dalam kondisi standar, 1 liter solar bisa menjangkau hingga 18 kilometer.

Potret Isuzu Gemini di layar kaca dalam serial Si Doel Anak Betawi | Foto: imcdb.org

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 50PS pada 4800 rpm. Sedangkan tenaga di roda mampu mencapai torsi 90 Nm pada 3000rpm. Varian yang beredar di Indonesia hanya dilengkapi dengan mesin berkode 4EC1 berkapasitas 1500cc dilengkapi  transmisi manual 5 percepatan.

Member NMAA, apakah diantara kalian ada yang masih menyimpan Isuzu Gemini di garasi? Nah, mobil satu ini juga sempat populer di layar kaca meski hanya selintas. Cocok nih untuk jadi koleksi apalagi bagi Anda yang sedang hobi mengoleksi Motuba.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles