NMAA News – Opsi ubahan pada knalpot standar biasa dilakukan oleh para car enthusiast untuk tingkatkan performa mesin mobil. Nah, mengenai ubahan knalpot, paling terpenting mengubah header terlebih dulu. Langkah satu ini tergolong mudah dilakukan tanpa harus ganti knalpot mobil secara keseluruhan, terlebih menghasilkan suara parau.
“Beberapa konsumen kami biasanya lebih memilih model knalpot yg simpel dan bisa memaksimalkan power kendaraan. Karena itu ubahan pipa diameter header knalpot lebih besar sudah cukup bagi mereka,” ujar Baskoro, punggawa Alpino Exhaust, Purbalingga kepada NMAA Media, Senin, 22 Maret 2021.
Secara teknis, semakin besar diameter pipa membuat debit gas buang yang dikeluarkan bisa lebih besar dari pembakaran mesin. Tidak hanya diameter pipa yang lebih besar, header knalpot racing juga dirancang memiliki lekukan pipa yang lebih landai.
Salah satu produk header knalpot lansiran Alpino Exhaust sudah diaplikasikan di unit kendaraan Restomod Honda Grand Civic sebagai Supergiveaway di virtual stage IMX 2021 di Bali. Meski kondisi mesin standar berkapsitas 1500cc debit gas buang yang lebih besar dapat menciptakan tekanan yang lebih tinggi untuk mendongkrak tenaga.
“Header knalpot di Honda Grand Civic tersebut memiliki konfigurasi 4-1, maksudnya header yang digunakan untuk mobil empat silinder. Secara teknis 4 Pipa menyalurkan gas buang, kemudian bertemu menjadi 1 pipa,” jelas Baskoro.