Toyota Yaris Raih Penghargaan Prestisius di Eropa, Bagaimana dengan Versi Indonesia?

NMAA News – Gelaran penghargaa European Car of The Year 2021 kantongi pemenang terbaru dari sederet finalis mobil terbaik di Eropa mengalahkan pesaingnya yaitu Land Rover dan Mercedes Benz di di Palexpo, Jenewa, Swiss, pada Senin (1/3/2021).

Dari hasil penilaian para juri, Toyota Yaris meraih poin tertinggi dari enam mobil yang masuk sebagai finalis mobil terbaik di Eropa dengan skor 266 poin dan 14 suara terbaik. Capaian angka tersebut mengalahkan Fiat 500 di tempat kedua, yang menerima 240 poin dan 9 suara terbaik.

Sedangkan pesaing Yaris dan Fiat 500 terdiri dari Cupra Formentor (239 poin), Volkswagen ID.3 (224 poin), Skoda Octavia (199 poin), Land Rover Defender (164 poin) dan Citröen C4 (143 poin).

Sebanyak 59 orang juri mewakili 23 negara di Eropa. Prancis, Jerman, Inggris Raya, Italia, dan Spanyol masing-masing memiliki enam anggota; negara lain, secara proporsional jumlahnya lebih sedikit.

Foto: archyde

Khusus tahun ini, panitia menyertakan kriteria penilaian yang cukup ketat seperti: desain, kenyamanan, keselamatan, ekonomi, handling, performa, fungsionalitas, persyaratan lingkungan, kepuasan pengemudi, dan harga unitnya.

Sesi penjurian berlangsung objektif dengan memilih unit kendaraan bermode baru, artinya bukan sekedar menambah sisi kosmetika kendaraan semata. Mobil tersebut juga harus memiliki jejaring penjualan minimal lima negara Eropa.

Selanjutnya, setelah mendulang sistem pemungutan suara, para juri menyaring sekitar 29 mobil kandidat menjadi 7 mobil finalis. Merek-merek tersebut merupakan produsen mobil yang sudah populer di dunia seperti; Citroën C4, Cupra Formentor, Fiat New 500, Land Rover Defender, Škoda Octavia, Toyota Yaris, dan Volkswagen ID.3.

Foto: Toyota Indonesia

Beredar di Indonesia 

Yaris GR 4WD yang mampu memuntahkan tenaga 360 dk juga menarik perhatian banyak juri Car of The Year. Selain itu Yaris juga dinilai membuat sistem dapur pacu hybrid yang efisien.

Nah, bedanya dengan Toyota Yaris yang meluncur di Indonesia berasal dari pengembangan desain khusus pasar Asia, bukan model yang ditawarkan di Eropa, Jepang, dan Australia.

Jejaring distribusi model Yaris untuk Asia berlaku untuk Indonesia dan Thailand berbeda, karena platform yang sama dengan Vios atau Yaris sedan serta ditawarkan dengan pilihan mesin 1.500 cc dan di Thailand dengan mesin 1.200 cc.

Yaris untuk pasar Eropa, Jepang, dan Australia menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B. Mobil yang sudah dijual sejak 2019 ini tersedia pilihan mesin 1.000 cc, 1.500 cc, dan 1.500 cc hybrid.

Gelaran European Car of the Year sendiri telah didirikan sejak 1964. Mobil pertama yang menyabet gelar juara saat itu adalah Rover 2000. Austin 1800 dan Renault 16 menyusul pada tahun 1965 dan 1966, sedangkan tahun 2020, medali emas jatuh ke tangan Peugeot 208.

 

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles