Performa Kia EV6 GT Masih Unggul Tipis dari Lamborghini Urus dan Tesla Model X

NMAA News – Performa hebat yang dihadirkan Kia EV6 GT di luar dugaan para pecinta otomotif sebelumnya. Pasalnya, akselerasi Crossover SUV elektrik racikan Kia ini ternyata mampu melebihi performa supercar lainnya yang juga berformat electric vehicle. Untuk 0-100 kpj mampu diraih EV6 GT hanya dalam 3,5 detik saja!

Ya, pada awal Maret 2021 lalu pabrikan Kia Korea Selatan akhirnya merilis SUV Crossover EV6 GT yang sudah berbasis platform kendaraan listrik. EV6 GT memang dipersiapkan untuk mengambil perhatian khalayak terhadap Tesla Model X, Porsche Taycan Cross Turismo, dan BMW iX yang semuanya juga baru saja diumumkan.

Menghadapi tiga kompetitor berat tersebut, Kia melengkapi EV6 GT dengan sejumlah racikan yang pas antara fitur, motor listrik, baterai, sasis, dan komponen lainnya guna menjadikan EV6 GT sebagai mobil yang sempurna bagi semua orang di Pasar EV.

Kia melansir model pertama EV6 dilengkapi motor listrik berkekuatan 58.0 kWh EV6 yang datang dengan format AWD atau 2WD. Model pertama ini mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam 6,2 detik. Selain itu tersedia pula EV6 dengan motor listrik berkekuatan 77,4 kWh yang juga keluar dalam dua versi 2WD atau AWD. Model kedua ini mampu menempuh 0-100kpj dengan catatan 5,2 detik.

Sementara model ketiga, Kia EV6 versi GT-line merupakan model teratas EV6. Sudah mengusung paket baterai jarak jauh dan jarak standar yang membawa tenaga lebih besar dan jangkauan jarak tempuh lebih jauh. Dalam format AWD, model spesifikasi GT ini melibas 0-100 kpj hanya dalam 3,5 detik!

Tentunya hasil ini dalam hal perspektif SUV Electric Vehicle menjadi spektakuler. Mengingat hasil tes terakhir Lamborghini Urus dengan jarak yang sama (0-100kpj), mencatat waktu 3,6 detik. Sedangkan Tesla Model X hanya mampu mencatat 0-100kpj dalam 3,8 detik.

Kecepatan tertinggi EV6 GT dibatasi hingga sekitar 260 km/jam. Sedangkan untuk performa baterai, dengan kecepatan rata-rata, Kia EV6 GT versi 2WD dengan motor listrik 77,4 kWh mampu menempuh jarak lebih dari 508 km dengan sekali pengisian daya.

Guna memudahkan dan tidak menimbulkan antrian panjang, Kia juga menyertakan fitur pengisian daya sangat cepat 800V pada semua spesifikasi. Fitur ini memungkinkan pengisian daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam 18 menit, atau menambah  100km hanya dengan pengisian selama 4,5 menit. Fantastis juga kan?

EV6 Versi GT juga dilengkapi perangkat lunak ‘electronic-limited slip differential software’ seperti yang biasa ditemui pada supercar modern. Fitur cerdas ini mampu mengatur dan mengolah besaran torsi hingga 740Nm menuju keempat rodanya.

Pemesanan Kia EV6 GT sudah dibuka sejak pengenalan resminya untuk pasar tertentu, dan mobil pertama baru akan tersedia mulai paruh kedua pada 2021 ini.

Sumber & Foto: KIA

 

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,787FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles