Suzuki Jimny Pasang Mesin Mazda RX7, Tenaganya Tembus 450 Hp

NMAA News – Suzuki Samurai (SJ413) atau dikenal dengan Jimny versi Amerika mengusung tampilan SUV kompak dengan mesin N/A 1,3 liter berkapasitas 1300cc. Mobil satu ini begitu akrab di kalangan para pecinta off-road karena kemampuannya melibas medan berat.

Berbeda dengan langkah modifikasi Suzuki Jimny satu ini. Dibalik tampilan mobil single cabin dan bak terbuka klimis, jantung mekanisnya sudah digantikan oleh mesin rotary milik Mazda RX7.

Mesin tersebut dilengkapi  sistem transmisi copotan Mazda RX-7, diferensial belakang dari milik Ford, dan beberapa ubahan penyempurnaan.

Foto: Superstreet / @redherringphotography

Sang pemilik, Marvin Sanchez mengatakan kalau mesin rotary berkode 13B dinilai lebih optimal dongkrak tenaga. Supaya tenaga tersebut meningkat signifikan, dipasangi juga peranti manifold turbo custom berukuran 76/75 dan wastegate 66 mm. Peranti ini dilengkapi dengan pipa intercooler, knalpot dan sejumlah penyempurnaan lain.

“Dengan sedikit atau tanpa pengetahuan sebelumnya tentang mesin rotary, saya memberi tahu pemilik RX-7 bahwa jika saya dapat mengendarainya dan melakukan burn out, saya akan membelinya. Selebihnya adalah sejarah!”ujar Marvin dilansir dari Superstreet pada (15/4).

Foto: Superstreet / @redherringphotography

Setelah mesin dan bagian pelengkapnya terpasang, Marvin melanjutkan ubahan ke sistem  pengisian bahan bakar. Meliputi injektor ID2000 dan ID1000, sedangkan proses pembakaran diawasi oleh sistem EFI FT400 yang ramah rotari dari FuelTech.

Begitupula sistem transmisi RX-7 dan differential belakang Ford 8.8 berpadu peranti driveshaft khusus. Seluruh konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga mesin13B mencapai 450hp. Sedangkan bobotnya sendiri ditaksir hanya mencapai 2.000 lbs.

Foto: Superstreet / @redherringphotography

Bagi Marvin yang memang memiliki ketertarikan lebih terutama dengan kendaraan lansiran 1980-1990. Tapi, menurutnya ubahan drees up atau aksesoris semata tanpa meningkatkan performa belumlah cukup.

Sektor kaki-kakinya sudah ditopang menggunaka racikan suspensi khusus yang membuat mobil terlihat ceper serta menambah ground clearance. Komponen exhaust system disesuaikan agar bisa tampak di bagian samping mobil.

Foto: Superstreet / @redherringphotography

Oiya, guna menambah kesan agresif di mobilnya, Marvin mendandani tampang depan tepatnya bagian grill agar terlihat lebih garang. Ujung bonet lalu disisipkan penutup grill berbahan fiberglass tepat di atas lampu depan.

Komposisi fitment velg dan ban terlihat presisi dengan lingkar luar fender. Selebihnya, konsep minimalis dari  laburan warna hitam tampak senada dengan velg Weld Racing drag NT555R berkelir emas.

Related Articles

Stay Connected

21,962FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles