Simak 4 Cara Mengatasi Alarm Mobil Ngadat

NMAA News – Memasang alarm mobil berfungsi untuk membantu kendaraan agar terhindar dari tindak pencurian atau pun kejadian yang merugikan lainnya.

Pada saat alarm di tekan untuk mengunci maka alarm akan bunyi ‘beep’ sekali dan secara serentak semua pintu akan terkunci. Setelah pintu terkunci, alarm akan aktif dan melindungi mobil dari getaran yang besar. Selain itu jika alarm aktif maka mesin tidak akan menyala jika distarter.

Tapi, ketika alarm mobil tiba-tiba tidak berbunyi, was-was seketika. Nah, sebelum mengambil kesimpulan untuk mengganti dengan komponen baru, ada baiknya kenali dulu penyebab rusaknya alarm mobil seperti dikutip astraworld.

Foto: freepik

  1. Rusaknya komponen alarm

Salah satu hal yang yang mengakibatkan alarm tidak bunyi adalah kerusakan komponen dalam alarm. Kerusakan komponen ini dapat dikarenakan berbagai alasan, misalnya kualitas alarm mobil yang buruk.

Cara memperbaiki alarm mobil seperti ini perlu Anda konsultasikan pada ahlinya. Remote rusak juga bisa disebabkan karena salah penggunaan misalkan terlalu sering mengantongi remote di kantong celana sehingga saat duduk remote akan tertekan.

  1. Baterai remote habis

Sumber listrik yang berada di remote alarm menggunakan daya baterai. Jika sudah terlalu lama maka daya baterai yang ada dalam remote alarm tersebut akan berkurang dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Biasanya penggantian baterai remote jangka waktunya kurang lebih satu tahun, sehingga banyak yang tidak ingat mengganti baterai remote secara rutin setiap satu tahun sekali.

  1. Gangguan frekuensi

Adanya gangguan frekeunsi di sekitar mobil bisa disebabkan karena BTS, pemancar radio, kamera CCTV, dan logam protector. Beberapa sistem alarm bawaan mobil bisa mengalami kelumpuhan akibat gangguan frekuensi yang yang dihasilkan oleh antena tersebut. Solusi yang bisa anda lakukan yaitu memindahkan mobil ke tempat lain yang mempunyai frekuensi yang berbeda sehingga alarm dapat berfungsi normal kembali.

  1. Modul alarm abnormal

Untuk masalah yang satu ini biasanya alarm akan mengeluarkan bunyi secara terus menerus, sedangkan remote kadang tidak berfungsi.

Cara mengatasinya yaitu dengan melepaskan modul alarm agar alarm sementara tidak aktif, terutama untuk alarm mobil yang modulnya masih terpisah dengan Electric Control Unit (ECU) mesin. Tetapi jika modulnya sudah menjadi satu dengan ECU mesin maka solusinya harus datang ke bengkel untuk melakukan reset atau perbaikan sistem alarm.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles