EKSKLUSIF! Mobil Listrik Weltmeister W5 Segera Dipasarkan HASCAR di Indonesia

- Advertisement -

NMAA Eksklusif – Lama tidak terdengar kiprahnya di kancah industri otomotif nasional, grup otomotif domestik HASCAR International Motor pada Kamis (25/8/2021) akhirnya mengabarkan ke redaksi NMAA.co.id, kalau mereka dalam waktu dekat ini akan menghadirkan produk otomotif terbarunya, mobil listrik asal Cina berlabel Weltmeister dengan tipe W5.

Grup HASCAR sendiri awalnya menjadi distributor merek Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo di Tanah Air. Semua brand otomotif dunia ini diambil alih HASCAR dari pemilik sebelumnya, Garansindo. Sebelumnya, semua merek ini didatangkan dari negaranya secara utuh (Completely Built Up/ CBU).

Weltmeister W5 SUV, foto: Octo/NMAA

Selang beberapa waktu kemudian, ditambah adanya perpindahan komposisi kepemilikan di pihak prinsipal, akhirnya PT DAS Indonesia Motor ditunjuk Fiat Chrysler Automobiles (FCA) sebagai general distributor seluruh produk Jeep di Indonesia. Sedangkan status HASCAR kini menjadi diler resmi utama dari semua produk Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo.

“Adanya pandemi pada 2020 membuat kami harus menyesuaikan diri line up produk kami. Semua rencana ditinjau kembali sampai sikonnya memungkinkan beraktivitas kembali. Namun bukan berarti diam selama pandemi. Kami di HASCAR terus berkonsolidasi mencari inovasi produk yang akan dijual,” jelas Yedi Yunadi Sondy, Chief Executive Officer HASCAR.

Yedi Yunadi Sondy, Director & CEO Weltmeister Indonesia yang juga Chief Executive Officer HASCAR, berada di kabin W5 untuk pasar setir kiri yang sedang mampir di Indonesia untuk pengenalan produk, sebelum unit ini diteruskan ke Filipina.

Sederet analisa dan diskusi internal HASCAR menelurkan keputusan bulat, menghadirkan platform mobil terbaru yang belum pernah dipasarkan di Indonesia. “Kami coba kendaraan listrik karena roadmap Pemerintah beberapa tahun ke depan sudah mengisyaratkan konversi mesin bensin konvensional ke motor listrik sebagai sumber penggerak kendaraan,” ujar Yedi.

Singkat cerita, mewakili HASCAR, Yedi yang pernah bekerja di Cina ini akhirnya mencari dan menjalin komunikasi dengan produsen mobil listrik Cina, Weltmeister (WM) Motor Technology Co Ltd yang pabriknya berbasis di wilayah Shanghai, Cina. WM Motor merupakan salah satu perusahaan otomotif ternama di Cina yang memproduksi kendaraan listrik berbasis Battery Electric Vehicle (BEV).

Tampilan interior Weltmeister W5 SUV, foto: Octo/NMAA

Menurut Yedi, WM Motor telah memproduksi model SUV, MPV hingga sedan. “Penjualan mobil listrik WM Motor sekarang masuk papan atas penjualan mobil listrik di Cina. Selain pasar domestik, WM Motor mengincar pangsa pasar ekspor ke seluruh dunia, termasuk Asia-Pasifik,” imbuh Yedi.

WM Motor pertama kali berdiri pada Januari 2015 dan pada Mei 2018 mereka menampilkan produk BEV perdananya di Beijing Auto Show dengan model SUV berlabel EX5. Dalam rencana ekspansinya ke luar Cina, WM Motor melihat pasar kendaraan listrik di negara Asia-Pasifik memiliki potensi dan prospek penjualan yang cukup bagus.

Koneksi pengisian listrik W5, foto: Octo/NMAA

Gayung bersambut, pihak WM Motor menyambut baik dan antusias tawaran kerjasama HASCAR. Lewat serangkaian pembicaraan, mereka setuju penawaran pihaknya dan menjadikan HASCAR sekaligus sebagai distributor resmi utama di wilayah Asia-Pasifik untuk semua model Weltmeister. Sebagai wujud kolaborasinya tersebut, dibentuklah perusahaan distributor WM di Tanah Air, yakni PT WM Motor Asia Pasific.

“Jadi semua penjualan produk Weltmeister di wilayah Asia-Pasifik nantinya harus melalui kami. Penunjukan HASCAR sebagai distributor utama penjualan produk Weltmeister di wilayah Asia-Pasifik juga karena melihat pasar mobil listrik di Indonesia yang diprediksi cukup besar, berkembang, dan tumbuh pesat. WM juga belum memiliki agen distributor untuk wilayah ini,” beber Yedi.

SUV Weltmeister W5 BEV, Foto: Octo/NMAA

Pasar wilayah Asia-Pasifik yang dikuasai kendaraan berplatform setir kanan, turut menjadikan Indonesia mendapat kepercayaan untuk nantinya bakal dijadikan basis perakitan produksi BEV Weltmeister untuk beberapa negara di pasar Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Amerika Selatan dengan model kemudi setir kanan.

Menurut Yedi, sebagai model perdana WM Motor yang akan dihadirkan HASCAR adalah model SUV W5 yang berkapasitas 5 penumpang. “Kami dahulukan model SUV dengan mengacu pertimbangan selera pasar Indonesia saat ini, kontur jalan dan alam, serta aspek kepraktisan dan fungsionalitasnya yang dibalut kemewahan yang diusung W5. Selanjutnya mungkin model MPV-nya,” kata Yedi Sondy yang juga menjabat Director & CEO PT WM Motor Asia Pasific.

Desain bodi samping W5, modern minimalis namun berkarakter kuat. Foto: Octo/NMAA

Weltmeister W5 SUV memiliki sejumlah keunggulan fitur modern dan mewah yang menjadi senjatanya merebut pasar mobil listrik di Indonesia. Seperti fitur  keselamatan, kenyamanan, dan hiburan yang komplit. W5 juga mengadopsi layar lebar tablet untuk fitur elektrikal dan hiburan yang terkoneksi dengan Android dan iOS.

Foto: Octo/NMAA

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles