Hyundai Staria Punya Peluang jadi Mobil Off-Road, Begini Wujudnya

NMAA News – Unit kendaraan Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia kedatangan model baru berpenampilan futuristis. Adalah MPV Hyundai Staria yang resmi diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara virtual, (20/8/2021) lalu.

Hyundai Staria menawarkan desain eksterior premium yang terinspirasi dari pesawat luar angkasa, serta kenyamanan interior maksimal dengan pemanfaatan ruang kabin dan pengaturan kursi penumpang yang fleksibel serta cocok dipakai harian.

Sambutan masyarakat terhadap MPV yang bersiap memanaskan segmen 7 seater mewah ini relatif tinggi. Secara desain, fitur maupun teknologi Staria diklaim memiliki keunggulan lebih baik di banding kompetitornya di kelas sejenis.

Basis kendaraan MPV tersebut kemudian dipadukan dengan gaya modifikasi Off-Road. Terlebih banyak diantara masyarakat Indonesia sekarang kian menggemari road trip hingga berkemah menggunakan mobil. Menghasilkan MPV tangguh untuk menjelajah di daerah terpencil tentunya harus dilengkapi komponen penunjang kegiatan tersebut.

Salah seorang member NMAA Digimodstar dengan akun Instagram @dikiahmadsidik mencoba wujudkan tampilan baru Staria bergaya Off-Road.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dashmode (@dikiahmadsidik)

Perombakannya cukup signifikan. Mulai dari bumper stinger bermodel simpel yang cukup mendongkrak tampilan fascia. Jenis bumper ini memang banyak dipakai mobil off-road Amerika dan Arctic off-road.Handicap yang tajam bisa terbantu dengan bumper jenis ini. Ada juga winch yang berfungsi sebagai motor untuk menarik beban. Sebab, medan terjal dan curam kerap kali membuat mobil stuck. Pemasangan winch sejatinya untuk menarik mobil maupun menderek mobil lain yang terjebak di kubangan lumpur.

Memaksimalkan sektor visibilitas dari lampu bawaan, dipasangi dua buah lampu sorot dan dua buah foglamp. Di bagian atap juga terdapat lampu sorot yang bertengger di atas roof rack untuk ruang kompartemen tambahan. Kita juga bisa melihat snorkle di bagian samping untuk membuat napas mesin makin lega.

Seluruh tubuhnya didominasi oleh tiga warna cat bermotif army dari perpaduan warna coklat, hitam dan silver. Beralih ke bagian samping, aura mobil off-road diwujudkan berkat pemasangan pelek beadlock dan ban bertapak kasar. Melengkapi komponen samping, terdapat foot step cukup besar sebagai komponen penunjang akomodasi supir dan penumpang untuk masuk ke mobil.

Tak kalah menarik, bagian belakang tepatnya pilar D sudah dipotong menjadi bak terbuka. Biasanya cara ini dilakukan untuk media penyimpanan barang. Alhasil area samping sekitar pilar C dan D juga kini diganti menggunakan soft top. 

Staria menawarkan performa mesin unggul dengan kehadiran powertrain efisien dan ramah lingkungan, yakni mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan Staria memperoleh performa maksimal hingga 174 hp /3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Tentunya tenaga potensial bagi sebuah MPV tersebut jika nanti benar-benar diwujudkan menjadi mobil off-road mesti dirombak ulang secara massif. Selain memikirkan anggaran, pastinya beberapa komponen mestilah di fabrikasi ulang.

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles