Mengenal Toyota Rumion, Kembaran Suzuki Ertiga dengan Emblem Toyota Khusus Pasar Afrika Selatan

NMAA News – Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia telah melahirkan lini produk terbaiknya dalam beberapa jenis mobil. Tapi, khusus pasar global Toyota ternyata berkolaborasi dengan pabrikan lain menghadirkan lini produk terbarunya. Kali ini, pasar otomotif Afrika Selatan (Afsel) kedatangan Toyota Rumion.

Unit MPV 7 tempat duduk tersebut merupakan sebuah kendaraan rebadge dari Suzuki Ertiga. Bahkan, dapat dibedakan hanya melalui sejumlah emblem yang menempel di mobil Suzuki tersebut menjadi Toyota seperti dikutip dari toyota.co.za.

Dibangun dari basis serupa, Toyota Rumion mengusung bentuk khas Suzuki Ertiga seperti atap floating dan lampu LED bar di bagian belakang. Sedangkan perbedaan di ruang kabin jelas terlihat. Jika Ertiga identik dengan warna beige, Rumion justru menggunakan warna hitam untuk melapis sejumlah bagian interior. Mulai dari pelapis jok dan setir kemudi. Sedangkan bagian plafom masih dilapis warna beige.

Foto: toyota.co.za

Beralih ke bagian detail interior, terdapat motif panel kayu di bagian setir dan dasbor. Kemudian panel AC digital, armrest di baris kedua, MID full color, dan sejumlah lubang AC di cup holder konsol tengah turut melengkapi fitur interior Toyota Rumion.

Sejumlah fitur keselamatan juga terbilang sama dengan Ertiga di Indonesia. Seperti dua buah airbags, kamera mundur, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan sensor parkir di bagian belakang. Meski begitu, fitur Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) belum tersedia.

Foto: toyota.co.za

Di atas kertas, Toyota Rumion dibekali mesin 1.500cc K15B empat silinder segaris persis seperti Suzuki Ertiga. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi puncak 135 Nm. Tenaga dari mesin dikawinkan dengan dua opsi transmisi, yaitu otomatis 4 percepatan atau transmisi manual 5 percepatan.

Adapun, Toyota Rumion di Afrika Selatan mulai diniagakan dengan harga Rand 245.600 atau setara Rp 232 juta. Sedangkan untuk Sementara tipe tertinggi bernama TX AT mulai dijual Rand 317.200 atau setara Rp 300 juta jika dikonversi dengan kurs rupiah.

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles