Toyota Produksi Ulang Suku Cadang Toyota AE86 Lewat Merek GR Heritage Part

- Advertisement -

NMAA News – Setiap kendaraan pasti memerlukan perawatan ekstra, apalagi jika usianya sudah menginjak puluhan tahun. Seperti mobil legendaris Toyota AE86 atau akrab disapa ‘Hatchiroku’. Meski kualitas produksi sparepart mereka dinilai memuaskan, komponen suku cadang tetap memerlukan penggantian.

Pabrikan Toyota sepenuhnya memahami hal ini dan telah memperhatikan beberapa pemilik kendaraan mereka. Melalui arahan tuner Gazoo Racing, divisi khusus part mobil lawas GR Heritage Parts dihadirkan untuk mereproduksi suku cadang sejumlah mobil legendaris Toyota. Semisal Toyota Supra A70 dan A80, Toyota 2000GT, Land Cruiser 40 series dan kali ini menyasar edisi spesial generasi kelima Corolla, Toyota AE86 varian Levin dan Sprinter.

Seperti ditulis mototrend, dua model tersebut memang sudah pamit dari peredaran sekitar 30 tahun. Kendati demikian, banyak para car enthusiast yang masih mengoleksi unitnya bahkan dalam keadaan terawat. Di sisi lain, GR Heritage Parts berupaya terus menjaga mobil lawas Toyota tetap ‘abadi’.

Foto: mototrend
Foto: mototrend
Foto: mototrend

Sederet suku cadang tersebut dalam batch penjualan dua periode, dimulai 1 November berupa kaliper rem belakang, knuckle arm setir dilengkapi pin. Khusus knuckle arm setir milik AE86 bisa disubstitusi untuk Levin SR maupun Trueno SR AE85. Sedangkan kaliper rem belakang hanya tersedia untuk AE86. Memasuki 1 Desember, suku cadang driveshaft belakang mulai tersedia.

Sejauh ini, Toyota belum menjelaskan kapan suku cadang dari model legendaris lain akan diproduksi. Namun, bisa dipastikan melalui merek GR Heritage Parts sejumlah suku cadang dengan jumlah terbatas akan diproduksi sampai ludes terjual melalui jejaring penjualan mereka.

Foto: IMX 2018

Sebagai pelengkap, Sprinter adalah varian sporty sedan Toyota Corolla yang eksklusif hanya dijual di Jepang. Pada generasi kelima Sprinter dan Corolla beralih mengikuti perkembangan zaman dari mobil mesin depan – penggerak belakang menjadi mesin depan – penggerak depan.

Namun Toyota melanjutkan layout mesin depan – penggerak belakang hanya untuk mobil khusus yang disebut Sprinter Trueno. Panggilan AE86 buat mobil ini berasal dari kode internal Toyota dimana ‘A’ menunjukkan seri mesin 4A, ‘E’ berarti basis desain dari Corolla, ‘8’ merujuk ke E80 penamaan generasi kelima Corolla, dan ‘6’ artinya varian keenam di generasi lima.

Di Jepang AE86 juga dikenal dengan sebutan ‘Hachi-Roku’ yang artinya ‘delapan-enam’ dalam bahasa Jepang. Sprinter Trueno punya dua pilihan mesin, yaitu 3A-U 1.500 cc dan terbaru pada saat itu 4A-GEU 4-silinder segaris 1.600 cc DOHC 16 katup. Tenaga mobil ini dapat mencapai 128 hp dengan torsi 149 Nm.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles