Kaleidoskop NMAA 2021: Kolaborasi Tanpa Batas, Menebar Optimisme Bersama Bangkitkan Industri Otomotif Nasional

- Advertisement -

NMAA News – Tidak terasa, 2021 sudah dilalui meski jamak disebut masa terberat bagi hampir semua geliat industri, tak terkecuali otomotif dan aftermarket. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih menghantui, merubah hampir semua lini kehidupan.

Hal itu pulalah yang dilakukan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA)  demi mewujudkan visi dan misi dalam membangkitkan industri otomotif dan modifikasi lokal setiap tahun. Sepanjang 2021, NMAA berusaha tetap menghadirkan program dan kegiatan reguler meski dalam format yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Beberapa opsi alternatif dalam menggelar rangkaian acara dimanfaatkan untuk terus membuat dunia modifikasi dan aftermarket tetap begairah. Terbukti, meski sempat terpuruk beberapa saat, industri modifikasi dan aftermarket saat ini tetap mampu bertahan di tengah pandemi yang tak mengenal kompromi.

Simak, kilas balik rangkuman kegiatan yang telah dilakukan NMAA sepanjang 2021:

Modz Battle Season 1: Garasi Drift vs Pengepul Mobil (19 Februari)

Program Modz Battle antara Garasi Drift dan Pengepul Mobil diinisiasi National Modification & Aftermarket Association (NMAA) sebagai rangkaian kegiatan pendukung Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021.

Foto: Dok NMAA

Sejumlah regulasi yang menjadi acuan terselenggaranya tantangan dengan bermodalkan Rp 100 juta tiap peserta termasuk mobil dan nilai modifikasinya. Akhirnya terpilih unit Nissan Cefiro untuk menempuh tantangan Proper Modz, Dyno test, Drag test, Hot laps dan tantangan langsung.

Seri pertama ini berakhir pada 12 April dan dimenangkan oleh tim Garasi Drift dengan raihan nilai tertinggi, sehingga mengharuskan tim Pengepul Mobil memberi unit Supergiveaway di IMX Bali.

Kick Off Indonesia Modification Expo 2021 “Limitless All Virtual” – (24 Februari)

Penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 yang sebelumnya telah sukses digelar secara virtual pada tahun 2020, akan kembali diselenggarakan secara virtual seperti tahun sebelumnya. Mengusung tema “LIMITLESS”, merepresentasikan bahwa dunia industri otomotif khususnya modifikasi tak bisa dibatasi hanya karena pandemi, selalu bergerak secara kreatif dalam berkarya.

Foto: NMAA

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Bali – (27 Maret) 

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series: Virtual Stage Bali digelar pada (27/3) pukul 14:00-16:00 WIB secara virtual. Event ini adalah pembuka rangkaian IMX 2021, yang juga akan diadakan di kota-kota lainnya untuk mendukung acara “big bang” IMX 2021 “Limitless”.

Kota kedua rangkaian Road to IMX 2021 Series yang terus menyajikan konten acara menarik dan Supergiveaway 1 unit mobil modifikasi proper yang mengejutkan! | Foto: IMX 2021

Kegiatan live streaming kegiatan Road to IMX 2021: Virtual Stage Bali diadakan langsung di Kebon Vintage Cars, Denpasar. Terdiri dari program rangkaian NMAA Top 10, Modz Battle Talkshow, Overseas Talkshow bersama Musa Tjahjono, Live Review dan Supergivaway Honda Grand Civic garapan Pengepul Mobil.

Workshop RSKKNI – (6-7 April)

Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Andre Mulyadi menyampaikan potensi industri aftermarket dan modifikasi di hadapan jajaran Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) dalam agenda Focus Group Discussion Perumusan dan Penajaman Program Pengembangan Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Tahun 2021.

Sesi diskusi yang berlangsung di Bandung pada 6-7 April 2021 menghadirkan beberapa pengemban kepentingan dalam lingkup IMATAP tersebut, NMAA selaku asosiasi modifikator dan aftermarket nasional dipercaya menyusun rumusan kompetensi kerja untuk para bengkel spesialis.

Poin pembahasan berlanjut pada topik rancangan tahap sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Standar modifikasi secara nasional berupaya membangun kultur positif sebagai salah satu  epicentrum modifikasi dunia. Adapun SKKNI amat berpengaruh terhadap penembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Makassar – (5 Juni)

Kegiatan Road to IMX 2021 Series  berlanjut di kota Makassar, Sulawesi Selatan pada (5/6). Berlangsung di di Phinisi Point Mall sebagai salah satu pusat kegiatan paling diandrungi warga Makassar.

Foto: IMX

Sebagai acara pembuka, Road to IMX 2021: Virtual Stage Makassar menyajikan program Automotive Talk Show bersama Ridwan Hanif – YouTuber otomotif, Kiki Anugraha – KARMA Bodykit, dan Delly Nugraha – Carsome Indonesia. Kemudian jajaran mobil modifikasi NMAA Top 10 dan Overseas Talkshow bersama modifikator Ryan Basseri.

Supergiveaway berupa mobil modifikasi BMW E39 garapan Ridwan Hanif diundi kepada audiens. Sebagai bentuk edukasi industri modifikasi yang dilakukan oleh IMX melalui progam digital Youtube untuk memperkenalkan berbagai produk aftermarket.

Kontes Desain Honda City Hatchback Hatchart (25 Juni – 30 Juli)

PT Honda Prospect Motor (HPM) berkolaborasi dengan NeverTooLavish menggelar kompetisi “City Hatch Art” sebagai wadah untuk para desainer digital muda berbakat di Indonesia membuat karya desain kreatif menggunakan model Honda City Hatchback RS berkonsep City Light & Vibrant . Kompetisi yang dibuka untuk masyarakat umum ini berlangsung selama periode 25 Juni – 30 Juli 2021didukung penuh oleh NMAA.

Seluruh karya yang terpilih menjadi 15 finalis mendapat hadiah uang tunai serta berkesempatan mengikuti seminar virtual bersama para juri. Juara pertama kompetisi ini akan mendapat hadiah uang tunai Rp 15.000.000, juara kedua mendapat uang tunai Rp 10.000.000, dan juara ketiga uang tunai Rp 5.000.000. Tidak hanya itu, 12 kontestan terbaik masing-masing mendapat Rp 2.000.000.

Karya yang diimplementasikan secara nyata pada bodi mobil Honda City Hatchback RS ini merupakan hasil desain yang disatukan berdasarkan 3 karya pemenang kompetisi City Hatch Art yang dikolaborasikan karya 2 desainer NeverTooLavish.

Ketiga pemenang tersebut adalah Ferdiansyah Ramadhan, Deden Desma Hikmawan dan Muhammad Irfan yang berkolaborasi dengan Bernhard Suryaningrat sebagai Co-Founder dan Ardi Hira sebagai Design Lead dari NeverTooLavish.

Modz Battle Season 2 – (17 Juli)

Program kompetisi antar ketiga influencer otomotif, Modz Battle Season 2 dimulai. Para kontestan yang bakal bersaing nantinya yakni Garasi Drift, Ridwan Hanif dan Pengepul mobil bakal melewati tiap tantangan bertema Fast and Furious.

Para kontestan bakal melewati tiga tantangan yang terdiri dari Proper Modz Challenge, Fast Challenge, Furious Challenge, dan Trip Challenge. Demi memperebutkan titel pemenang hingga di tantangan puncak nantinya dengan ganjaran hadiah piala dan bertemu langsung dengan Drift King di Jepang.

Sayangnya, YouTube Campaign Modz Battle Season 2: Furious Challenge harus terhenti sejenak (season break). Kondisi tersebut juga turut mendorong kesadaran seluruh tim yang terlibat di ajang persaingan antara Garasi Drift, Pengepul Mobil, dan Ridwan Hanif tertunda sementara. Meski begitu,  program Modz Battle Season 2 bakal kembali hadir pada awal 2022 nanti. Stay tune!

Honda City Hatchback Hatchculture Never Too Lavish x NMAA (26 Juli)

Jacki ‘Pengepul Mobil’ membagikan referensi modifikasi Honda City Hatchback RS yang proper dan eye catching. Berkolaborasi dengan seniman grafis NeverTooLavish, tercipta tampilan segar Honda City Hatchback RS bergaya dinamis, penuh nuansa artsy dan mengusung gaya simplicity.

Sebagai wujud representasi milenial berjiwa dinamis dan aktif, Pengepul Mobil dan NeverTooLavish memilih Honda City Hatchback RS menjadi karya artistik lintas kolaborasi, yang tampil dengan konsep simplicity, eksklusif, dan makin percaya diri. | Foto: IMX

Sektor modifikasi difokuskan pada penggantian komponen knalpot, penambahan add-on body kit, dan warna cat oleh polesan NevetTooLavish. Modifikasi Honda City Hatchart ini ditampilkan perdana di Virtual Stage IMX “Limitless” Octiber silam, juga sempat dipajang di Booth Honda Indonesia pada gelaran GIIAS 2021 lalu.

Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru – (7 Agustus)

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 Series: Virtual Stage Pekanbaru dilaksanakan (7/8) pada pukul 14:00-16:00 WIB secara virtual. Event kali ini merupakan penutup rangkaian Road to IMX 2021 Series yang diadakan di beberapa kota (Bali, Makassar, Pekanbaru).

Foto: Virtual Stage Road to IMX 2021 Pekanbaru

Rangkaian terakhir dari Road to Series IMX 2021 Limitless: All Virtual ini menghadirkan sejumlah program unggulan. Seperti NMAA Top 10 Pekanbaru, Live Review, sesi Overseas Talkshow bersama Osaka Auto Messe dan pengundian 1 unit Super Giveaway berupa Brio Turbo garapan Om Mobi.

Kolaborasi Rawtype Riot x NMAA x ZCDistromotive (21 Agustus)

Tayangan mini series dari kolaborasi tokoh lintas generasi dalam menyiapkan proyek modifikasi dari mobil legendaris berbasis Honda Civic generasi ketiga. Edisi spesial mobil modifikasi Nostalgic Series Honda Civic SB3 dan SB4. Generasi Civic yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia ini dihadirkan berkat kolaborasi dengan Carsome Indonesia, STP Indonesia, Yokohama Indonesia , dan Enkei Tuning.

Mobil edisi khusus tersebut juga dijual secara terbatas! Setelah menempuh proses restorasi, kondisinya kini segar kembali .  Selain mobil modifikasi, tentunya Rawtype Riot juga menghadirkan edisi spesial katalog jaket terbaru mereka bertajuk ‘Golden Age Playground’ berkolaborasi dengan NMAA, dan seluruh jaket tersebut sold out pada gelaran IMX Digital Market yang diadakan 2 October 2022.

Live Modz 2021 ‘Katana War’ (29 Agustus)

Program Live Modz 2021 kembali disiapkan di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2021. Para modifikator yang terdiri dari tiga Influencer otomotif Indonesia bakal kembali bersaing menunjukan mobil modifikasi berbasis Suzuki Jimny Katana. Yaitu Fitra Eri, Om Mobi dan Ridwan Hanif.

Ketiganya menerima tantangan tersebut dan mulai bersaing memperebutkan gelar. Project Director IMX dan Founder NMAA, Andre Mulyadi memberikan sejumlah regulasi baru sebagai arahan para modifikator tersebut.

Foto: IMX

Setelah menempuh proses penjurian ketat, Suzuki Katana garapan tim Ridwan Hanif sukes menjadi juara. Menariknya, gaya modifikasi yang dipilih melalui undian mengharuskan para peserta mengikuti gaya modifikasi tertentu. Team Fitra Eri dengan gaya modifikasi Off Road, Team Ridwan dengan konsep Restomod, dan Team Motomobi dengan konsep Show Car.

Foto: IMX

Secara merata, hampir seluruh mobil terbilang kondisinya “masih bahan”, sehingga seluruh team harus bekerja lebih keras. Apalagi bagi car enthusiast otomotif, modifikasi proper sudah menjadi suatu keharusan bagi mereka. Live Modz 2022 mencatatkan puluhan juta views di Youtube, juga menjadi trending topic Indonesia dalam beberapa episodenya. Hal ini menjadi bukti bahwa segmen otomotif yang disajikan NMAA melalui konten khusus IMX selalu ditunggu oleh setiap penggemarnya.

IMX 2021 Limitless – All Virtual (2 Oktober) 

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 sukses digelar pada 2 Oktober. Kali keempat gelaran IMX 2021 terus berupaya menyajikan konten edukasi dan menghibur.

Rangkaian program kegiatan sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu dan siap ditampilkan secara final di IMX 2021. Antara lain: Live Modz 2021, PowerAce Digimodz, Carsome X RawtypeRiot, NMAA Top 50.

Foto: IMX

Kemudian, IMX Exclusive Release dihadirkan sebagai perilisan eksklusif produk aftermarket lokal. Seperti: Exclusive Release Honda City Hatchback Never Too Lavish X Pengepul Mobil, Peluncuran produk terbaru KARMA Body Kit X Belkote, RH Performance, dan All New Gelis. Ada pula, program belanja produk aftermarket dan otomotif terbaik di Shopee IMX Digital Market, dan tentunya sesi pengundian unit Supergiveaway Honda Integra DA5 dari Garasi Drift.

DNZ Meet Up – (24 Oktober) 

Puluhan car enthusiast dari domisili Jabodetabek memadati pelataran EduTown Arena, BSD City, Tangerang Selatan. Masing-masing mobil mereka memiliki gaya modifikasi variatif, akan tetapi khusus bagian bagian velg semua sepakat memasang DNZ Wheels.

Tidak jauh berbeda dengan kemasan Car Meet Up, konsep acara juga dihadirkan untuk membangun relasi dan diskusi para user DNZ Wheels yang dipersatukan oleh produk velg buatan Indonesia karya Dipo dan Ziko dari Garasi Drift.

Foto: DNZ Wheels

Acara ini juga turut menghadirkan sejumlah merek produk aftermarket otomotif terbaik seperti. Produk perawatan mobil Turtle Wax, Yokohama, Nankang Tires, dan Pako Group. Didukung penuh oleh National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) dan Indonesia Community.

Innova – Fortuner Automotive Meet Up (IFAM) – (28 November) 

Antusiasme para pecinta MPV diesel memadati gelaran Innova-Fortuner Automotive Meet-Up (IFAM) begitu tinggi. Selain komunitas pecinta mobil diesel Toyota Innova dan Fortuner, acara ini juga dihadiri petrolhead menjadi saksi lahirnya merek aftermarket lokal, Sapphire.

Berlokasi di Surabaya Town Squre, Sabtu (27/11), deretan mobil modifikasi Fortuner dan Innova berjejer rapi di pelataran atrium.

Tercatat 40 mobil diesel terbaik seantero Jawa Timur yang dikurasi asosiasi NMAA (National Modificator & Aftermarket Association) menjadi bukti kualitas modifikator Surabaya, yang terkenal proper dan mengedepankan konsep khas “Surabayan Style” yang digandrungi saat ini.

Yoong Motor National Gathering ‘Leading With Creativity’ (10-11 Desember) 

Perusahaan spesialis modifikasi dan distribusi industri lampu otomotif Yoong Motor Indonesia gelar acara gathering akbar, 10-11 Desember 2021 di Surabaya. Acara bertajuk Yoong Motor National Gathering ini dihadiri oleh sekitar 61 rekanan Yoong dari sejumlah kota dari seluruh Indonesia, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi, edukasi dan menyongsong resolusi hadirkan tren modifikasi lampu di 2022 mendatang.

Acara berkonsep gathering ini diselenggarakan dalam bentuk seremonial dan gathering akbar yang berlokasi di Novotel Surabaya. Diadakan secara offline, gelaran ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh delegasi rekanan Yoong Motor se-Indonesia.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah merek rekanan dari Yoong Motor Indonesia. Mulai dari Osram Indonesia, Hyperion, Saber, Beebot, Slim Frame Light, Hypervision, Concerto Audio, Kapal Api dan Blibli.com yang memiliki visi dan misi bersama menghadirkan produk bermutu. Melalui proses pengembangan dan produksi di Indonesia.

See you on next excitement – IMX 2022

Dari semua hal yang terjadi sepanjang 2021, kami yakin dunia modifikasi dan aftermarket Tanah Air terus berkembang menjadi barometer modifikasi internasional. Di tengah gempuran pandemi, begitu terlihat bagaimana industri ini bisa bertahan dengan segala penyesuaian.

Langkah tersebut tak mudah dilakukan, namun makin solidnya hubungan antara pelaku di dalamnya membuat kami yakin bahwa industri aftermarket dan modifikasi Tanah Air akan baik-baik saja. Semoga tahun baru akan memberikan harapan dan resolusi baru yang lebih baik untuk berkolaborasi lintas industri. Viva modifikasi!

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,432PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles