Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

- Advertisement -

NMAA News – Saat perjalanan jauh seperti mudik, oli mesin mobil berkurang saat digunakan adalah hal wajar terjadi. Namun jika berkurangnya berlebihan, hal ini rawan menimbulkan masalah kendaraan. Pasalnya oli memiliki peran penting bagi kendaraan yaitu memberi lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.

“Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan. Yaitu kualitas oli mesin kurang bagus dan tidak sesuai,” jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan. Sehingga pengurangan oli yang berlebihan bisa diatasi. Selain kualitas dan kesesuaian oli mesin, hal lain yang menjadi penyebab terjadinya pengurangan oli secara berlebihan adalah kebocoran oli dari seal atau packing di mesin kendaraan. Ini penting diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah parah.

Tak hanya itu, penyebab oli mesin berkurang secara berlebihan adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar, dan juga ada nya kerusakan seperti goresan pada dinding cylinder mesin yang membuat oli mesin berkurang.

Walaupun tidak mengeluarkan asap putih pada knalpot, namun ini perlu diperhatikan sebagai gejala ringan adanya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan komponen tersebut. Jika sudah parah kerusakannya mungkin akan ada asap putih keluar dari knalpot.

“Sangat penting memeriksa level oli setiap mobil akan digunakan agar terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang sangat berlebihan, segera konsultasikan ke bengkel resmi,” imbuhnya.

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,379PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles