Holden Belmont HJ 1975 Bersolek Maskulin, Padukan Cita Rasa Retro Modern

- Advertisement -

NMAA News – Muscle car buatan Australia, Holden Belmont HJ lansiran 1975 asal Medan ini diakui Dedi Hendra Tarigan jarang mejeng. Padahal, hasil modifikasinya tergolong unik. Meski termasuk mobil lawas dengan sejumlah kelemahannya, setelah menempuh opsi Restorasi Modifikasi (Restomod) ia bereinkarnasi ke masa sekarang.

“Mobil ini memang enggak terlalu istimewa, tapi sering jadi pusat perhatian sekalinya keluar atau ngumpul bareng komunitas mobil lawas,” ujar Dedy kepada NMAA.

Baca Juga: Memorabilia Isuzu Holden Gemini, Sedan Bermesin Diesel yang Sempat Hits di Eranya

Tampangnya kini sudah berubah drastis setelah mencangkok tampang bawaan Holden Belmont tipe HQ dilengkapi dua buah ‘tanduk’ sebagai pemanis. Disebutkan Dedi, pikap lawas ini mengusung konsep restorasi dengan imbuhan unsur modern. Misalnya beberapa parts sudah beralih serba elektrikal.

“Paling terlihat sekarang dua lampu depan diganti ke LED, terus pintu dibuat vakum, kap mesin motorized, dan paling menarik tutup tangki BBM pindah posisi ke lampu belakang,” terangnya.

Sementara itu, sejumlah aksen krom masih tetap dipertahankan, membuat tampilan eksterior berwarna candy red semakin berkelas. Estetika bagian luar juga turut ditunjang dari perpaduan velg Centerline ukuran 15×8 inci dibalut ban BF Goodrich ukuran 215/65 R15 di depan dan belakang 255/50 R15.

Foto: Dok. Dedi Hendra Tarigan

Supaya handling makin nyaman, sektor kaki-kaki semisal sokbreker depan belakang, juga gardan LSD ikut diganti.

Begitu kap mesin dibuka, sejumlah komponen bernuansa retro modern tersaji dengan penataan apik dari tampilan wire tuck. Sehingga tidak ada lagi kabel yang menjuntai. Bahkan, mesin bawaan berkapasitas 3.300 cc 6 silinder masih duduk sempurna.

Foto: Dok. Dedy Hendra Tarigan

Tapi untuk membuatnya semakin prima, beberapa ubahan dilakukan. Misalnya restorasi mesin, memasang booster rem dan filter udara milik Chevy, radiator alumunium juga hadirnya knalpot full custom dari header hingga belakang membuat suara mesin makin gahar.

Sementara itu, beberapa detail seperti engsel kap mesin, selang – selang dan pipa, hingga beberapa part krom memperkuat unsur retro di dalam ruang mesin.

Masuk ke interior, Dedi meningkatkan kenyamanan berkendara setelah memberi sejumlah penyagaran. Seluruh bagian jok dan doortrim sudah diberi pelapis kulit.

Kemudian udara dingin dari AC Toyota Avanza membuat betah berlama-lama di ruang kabin. Khusus posisi kokpit kemudi, rasanya tidak jauh berbeda dengan mobil keluaran baru.

Foto: Dok. Dedy Hendra Tarigan

Meski tampilan lawas masih hadir dari setir kemudi milik Chevrolet, mesin dapat menyala dari luar dengan dukungan keyless. Di sisi lain, fitur power window semakin mempermudah membuka kaca jendela samping.

Bukan tanpa kendala, sederet ubahan yang sudah dilakukan di mobil ini juga mengalami kesulitan. Terutama saat mencari berbagai spare parts yang sesuai mengingat Holden Belmont sudah tergolong tua.

“Tahap modifikasi dirampungkan selama kurang lebih 1 tahun pengerjaan di Garasi 607, karena ada beberapa yang mesti direstorasi. Juga mengganti parts tertentu jadi elektrikal,” jelasnya.

Foto: NMAA

Dari kerja keras dan ketelitian tersebut, ia menjamin kalau pikap lawas ini tetap nyaman dipakai harian.

Nah, kabarnya Holden Belmont HJ keluaran 1975 ini bakal mencari garasi baru alias dijual. Informasi lebih lanjut sila berpesan di DM Instagram @garasi607 atau menghubungi nomor WhatsApp 081263607607 (Dedi).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,379PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles