Bagaimana Cara Mengetahui Pernah Terkena Tilang Elektronik di Jalan Tol?

- Advertisement -

NMAA News – Para pengendara kini dapat dikenakan tilang elektronik (ETLE). Penilangan tidak hanya terjadi di jalur kota-kota Jakarta saja, kini sudah diberlakukan juga di jalan tol. Beberapa titik dipasangkan kamera elektronik yang ditempatkan secara statis pada lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

Alasan tilang elektronik ini dipasang di jalan tol, agar para pengendara tidak memacu kendaraannya melebihi kecepatan maksimal. Selain itu, untuk menghindari para pengendara truk mengangkut muatan secara berlebih atau Over Dimension Over Loading (ODOL). Pelanggar yang terekam kamera akan didenda.

Jika pemilik mobil tidak membayar, STNK akan diblokir. Nah, jika Anda ingin mengetahui kendaraan sudah terkena tilang atau belum, dapat melakukan cek tilang elektronik secara online, dengan cara berikut ini:

  • Kunjungi laman https://etle-pmj.info/id/check-data.
  • Masukkan nomor plat kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka sesuai dengan STNK.
  • Setelah terisi semua, pilih “Cek Data”.
  • Jika tidak ada pelanggaran, maka akan muncul kalimat “No data available”.
  • Jika ada pelanggaran, maka akan muncul catatan waktu, lokasi, status pelanggaran, serta tipe kendaraan.

Dilansir dari NTMC Polri, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, sanksi pelanggaran tilang elektronik disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pengendara yang mengemudikan mobil di atas batas kecepatan, akan dijerat Pasal 287. Sementara kendaraan ODOL dikenai Pasal 307 UU Nomor 22 Tahun 2009. Sanksi denda yang bagi kedua pelanggar, pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. (VLD)

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles