Bedah Proses Detailing Mobil Supergiveaway Online Toyota Innova 2KD

- Advertisement -

NMAA News – Tampilan mobil kinclong tentu jadi impian semua Car Enthusiast. Tetapi, untuk memoles mobil perlu mengetahui cara yang benar agar mobil benar-benar kinclong maksimal. Dalam prosesnya memoles mobil biasanya memakan waktu tidak sebentar dan membutuhkan ketelitian. Tak lain supaya lapisan cat mobil tetap terjaga.

Begitu pula proses detailing treatment di mobil Supergiveaway Online Toyota Innova 2KD. Sebelum meluncur ke lokasi venue OLX Autos IMX 2022 nanti, Workshop Klimax Detailing dipercaya memberikan sentuhan akhir supaya mobil bermesin diesel ini siap melenggang dan menjadi rebutan saat proses pengundian.

“Terutama mobil harian, proses detailing treatment ditempuh untuk mencegah kotoran yang menempel dan berpotensi merusak permukaan cat mobil. Apalagi sekarang ini cuaca tidak menentu, kadang hujan atau kemarau sering kali memunculkan dampak pada permukaan cat mobil,” buka Adip dari Klimax Detailing.

Foto: NMAA Team

Ia menerangkan, meskipun setiap mobil mestilah rutin melakukan detailing. Di tengah kondisi suhu, iklim dan kelembaban muncul banyak efek buruk bagi cat mobil yang kerap tidak disadari.

Kondisi ini juga dilakukan untuk mobil yang baru dikelir ulang (repaint) seperti mobil Supergiveaway Online Toyota Innova 2KD dengan menempuh sejumlah proses detailing. Pertama-tama bagian mesin diberi treatment pembersihan lengkap.

“Beberapa komponen di ruang engine bay kita detailing supaya kinclong lagi. Awalnya degreaser, engine cleaner, dan terakhir dressing pakai produk interior care dari Carpro. Semua proses ini ditempuh buat hilangkan kerak atau ceceran oli di ruang mesin,” urainya.

Setelah proses detailing ruang mesin beres, prosesnya dilanjutkan ke ruang interior supaya ruang kabin bersih, nyaman, dan bisa meminimalisir bakteri yang menempel. Tahapnya dimulai dari proses steam cleaner menggunakan uap panas, kemudian diberi degreaser dan vakum ekstraktor.

“Jok dan karpet dasar dibersihkan pakai vakum, untuk kotoran membandel di beberapa bagian interior dihilangkan pakai degreaser. Sesudahnya barulah disemprot ulang pakai vakum ekstraktor,” terang Adip.

Foto: NMAA Team

Modifikasi ruang interior besutan Vertue Concept ini, jelas Adib tergolong rumit. Tak lain karena pelapis jenis suede memiliki plus minus tersendiri.

“Proses pembersihan ruang interior menggunakan uap panas normalnya bertahan sampai 6 bulan. Tahap ini ditempuh untuk menghilangkan kotoran membandel dan menghasilkan kilap. Jika tidak memperhatikan perawatan, bahan suede biasanya mudah kotor,” jelasnya.

Foto: NMAA Team
Rangkaian proses detailing kemudian berlanjut ke treatment eksterior. Sebelumnya, bagian bodi sudah mendapat warna kelir biru dari Belkote Paints dan imbuhan part karbon besutan Karyatama.

Agar hasil repaint bisa menampilkan kilap dan memberi proteksi pada bagian bodi tahap detailing bodi diawali dengan proses premium wash. Seluruh permukaan bodi diberi shampo yang sudah mengandung ph balance.

Sebab, jika terlalu asam justru bisa merusak permukaan bodi. Proses detailing eksterior di Klimax Detailing melewati tiga tahap, mulai dari washing, paint correction, dilanjut tahap waxing, coating atau proteksi lainnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Klimax Detailing (@klimaxdetailing)

“Kemudian seluruh proses ini berlanjut ke tahap tar remover menggunakan clay. Setelah menempuh perjalanan jauh, noda membandel atau partikel aspal bisa menempel di ban, velg atau bodi. Kalau dipaksakan untuk menghilangkap aspal yang menempel bisa berpotensi merusak cat mobil. Barulah lanjut ke proses waxing,” paparnya.

Tahap terakhir, sesudah semua permukaan bodi kering merata diberi wax menggunakan compound tanpa kandungan filler. “Kandungan wax ini punya hasil hydrophobic dan enggak terlalu shiny. Jadi tetap menghasilkan permukaan klimis dan wet look di permukaan bodi,” ujarnya.
Foto: NMAA Team
Secara total, lama proses pengerjaan detailing eksterior Toyota Innova 2KD menempuh waktu pengerjaan 3 hari. Sayangnya, karena keterbatasan waktu detailing treatment tersebut belum mendapat paint correction. Meski begitu, keseluruhan prosesnya sudah membuat tampilan mobil Supergiveaway Online semakin menawan.
Bengkel Klimax Detailing menawarkan sejumlah proses treatment lengkap beragam manfaat. Paket detailing tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi menggunakan produk berbeda.
“Detailing treatment Toyota Innova dengan ukuran medium ini dibanderol seharga Rp 1,3 juta. Kami juga menyediakan paket serupa tanpa poles biasanya Rp 1,1 juta untuk sedan atau large di kisaran Rp 1,5 juta,” sebutnya.
Foto: NMAA Team
Nah, bagi NMAA Member terutama di Kota Bandung yang akan melakukan perawatan mobil di Klimax Detailng silakan kunjungi lokasi workshop di Jalan Jakarta No.61 Bandung.
Menariknya, Klimax Detailing memberi diskon detailing treatment sebesar 10 persen untuk NMAA Member di Bandung yang menunjukan artikel ini.
Promo tersebut berlaku sesuai syarat dan ketentuan Klimax Detailing hingga akhir Oktober mendatang. Pastinya, cocok buat kamu yang ingin tampilan mobil klimis kembali. Sila booking dari sekarang atau berpesan melalui DM Instagram @klimaxdetailing dan telpon di nomor 081222326078.
Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles