Peugeot 2008 Mampu Tenggak BBM Hingga 20,5 Kpl, Ini Fitur dan Teknologi Pendukungnya

- Advertisement -

NMAA News – Pada saat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) merangkak naik, khususnya non subsidi. Saatnya konsumen harus pintar memilih mobil yang tidak hanya unggul dalam hal fitur dan teknologi, namun harus hemat bensin.

Bicara hemat BBM tidak salah jika konsumen memilih mobil Peugeot 2008. Pasalnya SUV Kompak Premium ini, mencatat konsumsi BBM-nya tembus 20,5 Kilometer untuk 1 liter bensin. Hasil ini dilakukan saat mobil tersebut dikemudikan konstan di jalur bebas hambatan.

Hematnya BBM Peugeot 2008 tentu tidak lepas dari desain, fitur dan teknologi yang diusung produk asal Prancis itu. Bisa dilihat mobil berdimensi panjang 4.312 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.545 mm terbilang sangat kompak.

“Untuk dapur pacu, Peugeot 2008 dibenamkan mesin berkapasitas 1.2 L TurboPuretech 3 silinder. Alhasil Peugeot 2008 mampu menyemburkan 130 daya kuda dan torsi 230 Nm. Bahkan pengujian akselerasi 0 – 100 Kpj di bawah 10 detik,” ulas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Mesin Peugeot 2008 dipadu sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Transmisi ini mempunyai gear ratio rapat. Sehingga perpindahan gigi sangat halus dan terkadang tidak terasa oleh pengemudi.

Berkat transmisi 6-percepatan, mesin tidak perlu melakukan putaran tinggi untuk mendapat tenaga besar saat melaju. Hal ini membuat kerja mesin lebih ringan hingga berdampak pada efisiensi bahan bakar juga ramah lingkungan.

Peugeot 2008 juga memiliki 3 pilihan driving mode yaitu ECO, Normal dan Sport. Selain itu, Peugeot juga mampu meredam vibration yang disebabkan pembakaran 3-silinder, berkat penambahan ‘Balancer Shaft’ di crank-shaft.

Peugeot 2008 juga usung teknologi Drive by Wire (DBW) yang diklaim meningkatkan efisiensi penggunaan komponen dan konsumsi BBM. Berkat teknologi ini, 2008 tidak lagi menggunakan komponen lawas seperti pompa power steering.

Semuanya sudah diganti motor servo sebagai penggerak yang bekerja berdasarkan perintah komputer, penggunaan BBM yang sesuai research octane number (RON) hasilkan pembakaran lebih baik di ruang mesin. Pemilihan bahan bakar ini harus sesuai kebutuhan mesin agar kendaraan tetap berfungsi optimal dan prima.

Untuk itu Peugeot 2008 lebih tepat gunakan bahan bakar beroktan tinggi yaitu RON 98. BBM jenis ini sesuai kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna. Pasalnya, guna memberi efisiensi dan perlindungan komponen mesin BBM RON 98 ini sesuai dengan kompresi tinggi 2008 hingga 10,5:1.

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles