Dilelang Mulai Rp 300 Jutaan, Isuzu Panther Miyabi Bekas Pak Jokowi Ada Di Solo Great Sale

0
Foto : Kumparan Indonesia
- Advertisement -

NMAA News – Sebuah mobil Isuzu Panther yang pernah dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) statusnya kini tengah dilelang di acara Solo Great Sale pada Minggu (25/9/2022). Jokowi diketahui pernah memilikinya saat menjadi Wali Kota Solo.

Kepemilikannya berpindah dari Jokowi ke ke Parno, salah seorang Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang juga pemilik Istana Parnaraya di Wonogiri. Di sanalah MPV tersebut terparkir rapi. Kondisinya masih orisinil, dibalut kelir silver dan ada hijau pada bagian tengahnya. Terdapat pula tulisan ‘Ex Kendaraan Pribadi Bapak Ir. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia’ sebagai identitasnya.

Menilik mengenai mobil tersebut, uniknya salinan STNK kendaraan masih atas nama Joko Widodo dengan pelat nomor AD 9055 PA. Detail mengenai tipenya Isuzu Panther Bonet, Station Wagon lansiran 1995.

Soal modelnya, Panther tersebut termasuk generasi pertama meskipun bodinya dibuat lebih gemuk dan maskulin. serta penggunaan ban besar yang membuat ground clearance lebih tinggi. Makanya tak heran tampilannya malah jadi cocok disebut SUV ketimbang MPV.

Ini karena Isuzu Panther sejak kehadiran pertamanya hadir dalam beberapa versi, buatan Astra yang disebut Panther Total Assy dan satunya lagi versi buatan karoseri. Nah Panther eks milik Jokowi ini buatan karoseri Langgeng Putra di Semarang.

Isuzu Panther yang memiliki sebutan ‘Miyabi’ ini menggendong mesin diesel berkubikasi 2.238 cc (2.300 cc) Direct Injection, dengan konstruksi lawas OHV (Overhad Valve). Di atas kertas tenaga yang dihasilkan mencapai 58 hp dengan torsi 126 Nm. Meski termasuk mobil lawas, urusan fitur bisa dibilang mumpuni pada eranya.

Foto : Kumparan Indonesia

Sudah menggunakan power steering, power window, juga central lock. Versi ini juga merupakan yang tertinggi, sehingga lampunya beda dengan Panther buatan karoseri yang lama menggunakan headlamp bawaan pabrikan.

Panther Miyabi ini dijual dalam 2 trim yaitu Deluxe dan Hi Lux. Miyabi Hi Lux karena diposisikan sebagai varian yang lebih mewah, lampu depannya tidak lagi memakai lampu sealed beam kotak biasa. Lampu depan trim ini memakai reflektor lampu depan yang sama dengan milik Mercedes-Benz W124 alias Mercy Boxer.

Panther Miyabi generasi awal memakai grill depan model BMW mirip Mitsubishi Kuda generasi kedua. Pada versi facelift kemudian model grill ini diubah menjadi palang vertikal. Dashboardnya sama dengan panther generasi awal yang lain.

Rem tangan masih model tarik-putar, menempel di dashboard. Layout tempat duduk ada dua baris, untuk 5 orang. Sementara pada ruang belakang ada dua buah kursi face to face yang kecil.

Fiturnya sudah cukup komplit dan modern untuk mobil non sedan pada waktu itu, karena sudah memiliki power steering, power window, dan central lock. Bandingkan dengan Kijang Super yang masih setia dengan jendela gesernya di baris kedua. Fitur inilah yang biasanya menjadi kelebihan utama minibus versi karoseri non pabrikan.

Tertarik memilikinya? Pelelang membuka harga Isuzu Panther mobil eks Jokowi ini mulai Rp 300 juta. “Mudah-mudahan bisa laku sampai Rp 1 miliar,” ujar Ketua PPMKI Solo Raya, Amin Suryono. (VLD)

- Advertisement -