Honda Civic Type R Model Wagon, Akankah Menjadi Kenyataan?

- Advertisement -

NMAA News – Honda Civic Type R telah membangun dan meraih reputasi tinggi sebagai mobil performa tinggi. Performanya kerap membuatnya menjadi mobil berpenggerak roda depan paling kencang dan menyenangkan di kelasnya. Tapi, selama ini Civic Type R selalu hadir sebagai sebuah hatchback. Bagaimana kalau mobil ini hadir dengan wujud station wagon?

Imajinasi liar ini dituangkan oleh seorang desainer grafis Bernama sugardesign_1 di Instagram. Sebuah Civic Type R generasi baru yang sejatinya sebuah hatchback, disulapnya menjadi bergaya station wagon alias estate. Hasil kreasinya ini kemudian menuai banyak reaksi dan menjadi perbincangan di dunia maya oleh para pecinta otomotif.

Tentu kita tahu, sepanjang 11 generasi beredar Honda tidak pernah merilis Civic, apalagi Type R, dalam wujud atap panjang. Jadi, penggemar Civic yang ingin bergaya ala Audi RS4 Avant atau BMW M3 Touring bisa memuaskan imajinasinya lewat rendering ini. Dan karena rendering, sayangnya, jadi Civic Type R wagon ini tidak bisa dilihat, disentuh, bahkan dimiliki secara langsung wujud fisiknya.

Foto : Carscoops, Sugardesign_1

Honda tegas mempertahankan Civic Type R berformat hatchback. Belum lama bahkan ada seorang seniman digital yang membuat rendering Type R berbasis body sedan. Hal ini yang kemudian memicu Sugarchow, kreator di sugardesign_1 untuk membuat rendering Civic Type R station wagon.

Sugarchow sendiri memang sudah dikenal sebagai pecinta mobil bergaya wagon atau shooting brake, ditunjukkan lewat koleksi karya konversi digitalnya.

Berhubung tidak ada Civic wagon yang pernah diproduksi untuk menjadi basis konsep digital, bagian belakang Civic harus dirombak dengan desain baru sepenuhnya. Garis atapnya menjadi hampir sepenuhnya membentang horizontal, diikuti kaca samping baris ketiga yang lebih besar untuk memberikan proporsi wagon yang lebih proper.

Sayap khas Type R tetap dipakai, terpasang di bagian atas roof spoiler. Kalau boleh saran, lebih baik kalau sayapnya ditiadakan saja sekalian.

Desain lampu belakang bawaan asli dipertahankan, yang kurvanya disesuaikan dengan lekuk body baru. Strip LED panjang menjadi jembatan antara lampu sisi kanan dan kiri. Begitu juga dengan konfigurasi tiga pipa di ujung knalpot yang menjadi ciri khas Type R di dua generasi terakhir. Namun bentuk pintu bagasi tampak lebih tegak dibandingkan versi aslinya.

Bagian lain eksterior tampak tidak ada perubahan berarti. Seperti fascia depan yang tampil agresif memiliki kombinasi grille dan intake besar, lalu lubang udara di kap mesin. Fender juga melebar untuk membedakannya dengan Civic biasa. Lalu, meski atapnya memanjang untuk membuat nilai praktis bertambah, wheelbase terlihat masih identik seperti versi hatchback.

Honda Civic Type R 2023 sendiri memiliki performa yang cukup buas dengan modal mesin 4-silinder 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 315 hp dengan torsi puncak yang mencapai 421 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan yang menggerakan roda depannya secara penuh.

Di samping itu Honda juga menyisipkan active exhaust tiga lubang yang menghasilkan suara yang harmonis pada putaran tinggi.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan versi produksinya pada bulan Juli 2022 lalu. Lalu apakah Honda akan tergoda untuk akhirnya membuat Civic Type R bergaya atap panjang ini, sepertinya masih hanya akan menjadi mimpi para penggemarnya. (VLD)

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles