Malas Mencuci Mobil Saat Musim Hujan Bisa Memicu Timbulnya Noda Membandel di Kaca Mobil

- Advertisement -

NMAA News – Sebuah mobil dengan tampilan yang bersih saja sebenarnya tidak cukup. Sebab selain bersih, mobil Anda juga harus bebas dari jamur kaca atau noda membandel .

Jika tanda kaca mobil berjamur Anda dapati pada kendaraan kesayangan, maka kenyamanan dan keselamatan mengemudi bisa jadi taruhannya.

Memang tak berlebihan, sebab jamur kaca bisa mengganggu penglihatan saat mengemudi. Jadi kondisi tersebut benar-benar tidak boleh dialami oleh setiap mobil.

Tanda mobil Anda memiliki jamur kaca ada dua tanda. Anda dapat mengandalkan visual untuk mengetahui apakah mobil Anda dihinggapi noda jamur atau tidak. Simak pejelasannya seperti dilansir dari Auto2000.

Cek dari luar

Untuk mengetahui apakah jamur telah hinggap di kaca atau tidak, Anda bisa melakukan pencucian mobil seperti biasa. Beri sabun, bilas dan lap hingga kering sempurna.

Atau jika tidak ingin repot bawalah mobil ke tempat pencucian alias car wash. Setelah mobil sudah bersih pada semua bagiannya, cek dan perhatikan bagian kaca.

Jika terdapat bercak-bercak putih yang tidak hilang walaupun telah dilap sampai kering, maka itulah jamur kaca. Namun jika ada bercak yang bisa hilang setelah dilap hingga kaca bersih sempurna, maka artinya tidak ada jamur.

Cek saat malam

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah ada jamur atau tidak pada kaca mobil adalah saat malam hari. Sebelumnya pastikan kaca depan dalam kondisi bersih.

Jika saat malam hari Anda tidak dapat melihat jelas kendaraan dari luar, atau cahaya dari kendaraan lain berpendar tak jelas terlihat maka bisa jadi itu dampak dari adanya jamur kaca.

Dampak sulitnya melihat cahaya dari kendaraan lain atau berpendar, bisa akan lebih buruk ketika kondisi hujan. Tentu hal ini bisa sangat berbahaya karena visibilitas terganggu.

Untuk itu jika dua tanda tadi telah Anda dapati, jangan tunda untuk melakukan pembersihan jamur kaca mobil.

Penyebab tanda kaca mobil berjamur

Tentu jamur pada kaca mobil tidak ada yang menginginkannya. Anda pun demikian. Namun kehadirannya bisa dibilang tanpa bisa Anda sadari, tiba-tiba ia muncul dan mengganggu penglihatan di saat mengemudi malam hari.

Jamur kaca timbul akibat sisa air yang dibiarkan mengering karena panas atau dibiarkan begitu saja. Contohnya saat cuci mobil, air bekas bilasan yang tidak tersapu oleh lap dan berdiam di permukaan kaca bisa mengering karena panas.

Dari situ dampaknya bisa menyebabkan jamur pada permukaan kaca. Selain karena cuci mobil, guyuran hujan juga bisa jadi penyebabnya. Mobil yang sehabis kehujanan dan dibiarkan mengering begitu saja bisa saja menyebabkan jamur kaca.

Itulah tanda kaca mobil berjamur yang bisa Anda ketahui dan hindari. Jangan biarkan jamur semakin banyak karena dapat menganggu keselamatan mengemudi dan tampilan mobil Anda

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles