5 Tahun Gelaran Indonesia Modification Expo, Dukung Industri Modifikasi dan Aftermarket Miliki Daya Saing Internasional

- Advertisement -

NMAA News – Tidak terasa, ajang pameran Indonesia Modification & Lifestyle Expo akan menginjak tahun ke-6 pada 2023. Memasuki akhir 2022 ini, IMX terus beradaptasi dengan segala dinamika yang terjadi di Indonesia.

Diprakarsai oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) IMX senantiasa terus menstimulasi anak-anak muda sebagai regenerasi pegiat industri modifikasi dan aftermarket nasional. Terutama meningkatkan kompetensi berdaya saing internasional.

Mencakup baik para tuner, bengkel spesialis, hingga lintas industri dalam menghadirkan produk-produk baru dengan semangat kreativitas anak muda.

Foto: NMAA

Berangkat dari realitas bahwa industri otomotif Indonesia berkembang sangat dinamis, dengan masyarakat yang menyukai personalisasi pada kendaraannya tentu akan membawa industri aksesoris dan gaya hidup pendukungnya selalu memiliki tempat di industri otomotif Indonesia.

Untuk itu kesamaan visi dan misi untuk menyatukan kesamaan langkah dalam industri otomotif pendukung ini yang perlu dilakukan melalui wadah pameran Indonesia Modification Expo. Simak perjalanan dan sepak terjang IMX dalam menjadi motor penggerak industri modifikasi dan aftermarket di Indonesia.

IMX 2018 – ‘Unlock The New Beginning’

Guna membawa kemajuan industri modifikasi dan produk aftermarket terutama soal karya dan kualitas, IMX hadir sebagai wadah pameran dan komunikasi.

Khususnya para pelaku industri, dalam upaya untuk pengembangan produk mereka menuju industri otomotif Indonesia yang diakui di kancah dunia internasional.

Pada 2018, IMX pertama kali menyapa publik dalam gelaran dua hari (17-18/11/2018) di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Saat itu tema ‘Unlock The New Beginning’ diproyeksikan untuk memenuhi ekspektasi para pelaku di dalamnya dan bermanfaat untuk perkembangan modifikasi roda empat.

Menjadi sejarah expo modifikasi pertama di Indonesia yang terbilang dini jika dibanding industri modifikasi Jepang dan Amerika.

IMX 2019 – ‘The Power Of Collaboration’

Berlanjut ke 2019, IMX mulai menarik atensi publik luas. Acara offline kedua IMX ‘The Power Of Collaboration’ sanggup mencatatkan transaksi Rp 3,8 miliar dua hari (28-29 September 2019). Gelaran ini mampu menggairahkan dan membesarkan industri modifikasi dalam negeri terutama membentuk ekosistem industri modifikasi nasional .

Hal ini tidak terlepas dari keterlibatan peserta juga yang naik hingga 30 persen dibanding IMX 2018. Begitu pula atensi dari Pemerintah untuk mendorong nilai tambah merek nasional. Serta, menstimulasi industri modifikasi dan aftermarket untuk bisa bersaing dengan pemain global.

IMX 2020 – ‘Indonesian Pride‘

Tahun 2020 menjadi salah satu tahun terberat bagi IMX, sebelum gelaran pameran berlangsung pada 10 Oktober.

Pandemi Covid-19 mengharuskan gelaran IMX ‘Indonesian Pride‘ dikemas secara daring (online) pada pukul 13.00-17.00 WIB.

Foto: IMX 2020

Meski begitu, acara otomotif dan modifikasi virtual pertama ini mendapat hasil optimal mendatangkan 27.658 ribu pengunjung/penonton dari total tiket terjual 33 ribu tiket daring.

Pengunjung gelaran IMX 2020 berasal dari berbagai daerah. Selain diakses oleh penonton-penonton yang berasal dari 69 kota di Indonesia, ajang IMX 2020 juga diakses oleh penonton dari beberapa kawasan di Amerika, Belanda, juga Jepang. Jumlah pengunjung IMX 2020 diklaim tumbuh hingga 548%.

IMX 2021 – ‘Limitless – All Virtual’

Tidak jauh berbeda dengan 2020, IMX ‘Limitless – All Virtual’ pada 2021 sukses menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Tanah Air di tengah keterbatasan pandemi Covid-19.

Gelaran yang berlangsung pada 2 Oktober 2021 ini sukses mencatat puluhan ribu tiket daring, di mana 4 persen pengunjungnya berasal luar Negeri.

Foto: IMX

Menunjukan potensi event virtual yang dirasa tetap bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, khususnya pada industri aftermarket.

Seiring dengan Industri 4.0 yang menjadi terobosan saat pembatasan sosial. Aspek peningkatan produktifitas daya saing memasuki era industri 4.0. dan konsep seperti IMX ini mampu menginspirasi penyelenggaraan pameran lain.

IMX 2022 – ‘The Indonesian Kalcer’

Setelah kurva pandemi Covid-19 mereda di Indonesia, Pemerintah mulai melonggarkan berbagai kegiatan acara maupun pameran di Indonesia.

Kesempatan ini menjadi peluang gelaran IMX ‘The Indonesian Kalcer’ yang dikemas secara offline menghadirkan gelaran langsung di Hall A JCC Jakarta pada 1-2 Oktober 2022.

Diwarnai beragam karya inovatif penuh terobosan sebagai wujud nyata bangkitnya industri otomotif khususnya modifikasi dan aftermarket sebagai bagian dari industri kreatif Nasional. | Foto: NMAA

Gelaran kali ini, turut memunculkan unsur lifestyle yang telah menyatukan lebih banyak kolaborasi lintas industri kreatif.

Foto: NMAA

Menghadirkan program khas IMX seperti Blackstone LiveModz “Perang Bintang”, Supergiveaway On The Spot Subaru AWD, Pengundian Supergiveaway Innova Family Racing Car, NMAA TOP 50 Best Modified Cars, Masterclass with Overseas Guest, Exclusive Release, Live Music Performance dan berbagai Spec…

Menuju IMX 2023 

Menghadapi tahun 2023 nanti, konsistensi IMX membawa Industri Modifikasi dan Aftermarket tanah air menuju era baru dalam terobosan yang kreatif dengan menampilkan beragam program konten menarik.

Foto: @indonesiamodificationexpo

Membawa kreatifitas setiap anak muda untuk menyambut era baru dalam teknologi dan setiap terobosan dalam peralihan tren dalam industri otomotif Indonesia.

Kira-kira, tema apa yang dibawa IMX pada tahun keenam-nya nanti? Simak detail lengkapnya dalam beberapa hari ke depan. Bravo Modifikasi Indonesia!!

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,589PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles