All New Toyota bZ4X Sporty Garapan Musa Tjahjono, Tampil Semakin Atraktif

- Advertisement -

NMAA News – PT Toyota Astra Motor (PT TAM) baru saja meluncurkan model kendaraan listrik penuh, All New Toyota bZ4X di Indonesia, Kamis (10/11) kemarin. Kehadiran mobil baru di segmen SUV listrik ini merupakan jawaban visi Toyota dalam menjawab tantangan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Menurut Toyota, mobil bukan sekedar alat transportasi yang mengantarkan pemiliknya. Lebih jauh, merupakan wujud kecanggihan yang memadukan impresi mengemudi modern dan hubungan emosional dengan pemiliknya.

Sebagai batu loncatan dalam mendukung zero emission di 2060 mendatang, bZ4X menjadi model pertama kendaraan elektrifikasi dari jajaran bZ line up.

Foto: @musartwork

Basis bodi SUV Crossover Toyota bZ4X dilirik oleh Head Designer West Coast Customs, Musa Tjahjono sebagai kanvas berkreasi terbarunya.

Musa berpendapat melalui rekayasa desain, wujud estetika Crossover modern bZ4X dibuat semakin atraktif dengan sentuhan modifikasi visual.

Ubahan tersebut memang terlihat simpel, tetapi sukses mempertegas kesan sporty yang bisa membuat minder para rivalnya.

Paling terlihat, sektor roda sudah mengusung velg baru dilengkapi aerodisc dari Rotiform. Skema warna merah dan suguhan warna emas pada aerodisc tersebut terbilang serasi.

Apalagi dilengkapi dengan panel berbahan serat karbon yang bisa ditemukan pada kedua buah fender depan, garis melintang pada bonnet depan, dan add-on body kit berupa lips bumper dan side skirts samping.

Perubahan tampilan sporty ini turut didukung ubahan sektor suspensi. Komponen lowering kit membuat gap tipis antara seluruh fender dan roda. Setelan ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan aerodinamika supaya bZ4X semakin stabil dan lincah saat bermanuver.

Foto: NMAA

Sebagai pelengkap, Toyota bZ4X dibangun dari platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture) mirip seperti Subaru Solterra yang ditawarkan dalam harga on the road Jakarta Rp 1,190 miliar.

Kehadiran bZ4X di Indonesia merupakan versi CBU Jepang dengan sistem penggerak roda depan FWD (Front Wheel Drive).

Performanya mampu menghasilkan tenaga 204 HP dan torsi 266 Nm. Soal akselerasi, bZ4X dapat menuntaskan 0 ke 100 km/jam dalam waktu 8,3 detik. Tenaganya berasal dari baterai berkapasitas 71,4 kWh yang diklaim dapat menjelajah hingga 500 km.

Toyota bZ4X sudah dibekali fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut dengan TSS (Toyota Safety Sense) 3.0.

Menghadirkan beragam keunggulan dari fitur – fitur penunjangnya seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist.

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,589PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles