Kenali Penyebab Utama Aki Tekor dan Cara Mengatasinya

- Advertisement -

NMAA News – Ketika hendak menghidupkan mesin mobil, tiba-tiba aki mendadak tekor. Kondisi seperti ini tentunya sangat mengganggu. Bahkan bisa membuat mobil mati total.

Karena itu, kenali dulu penyebab aki mobil tekor yang biasanya terjadi karena mesin mobil jarang dipanaskan. Selain itu pemasangan aksesoris yang memperberat kinerja aki. Supaya masalah tersebut dapat diantisipasi, laman auto2000 membagikan cara -cara mengatasi aki mobil tekor berikut ini

​​​​​​​Mengatasi aki tekor pada mobil transmisi otomatis

Bagi pengguna mobil bertransmisi otomatis, cukup menyediakan aki normal dan juga kabel khusus jumper aki. Lalu mintalah bantuan mobil lain yang akinya dalam kondisi normal untuk proses jumper ini. Pertama-tama, pastikan kedua mobil dalam kondisi gigi P atau parkir.

Kemudian, hidupkan mobil yang akan menjadi “donor” aki. Bersamaan dengan itu, hubungkanlah kedua aki dengan kabel jumper. Ingat, pasang kabel sesuai dengan kutubnya. Pastikan juga seluruh piranti elektronik pada mobil yang menerima “donor” aki dalam kondisi nonaktif. Setelah itu, coba hidupkan mobil yang akinya tekor.

​​​​​Tetap hidupkan mobil dan pertahankan RPM pada angka kurang lebih 1000 selama beberapa waktu (disarankan lebih dari 15 menit). Jika mobil berhasil tetap hidup, lepaskan kabel jumper pelan-pelan.

Foto: pixabay

Mengatasi aki tekor pada mobil transmisi manual

Lalu, bagaimana jika aki tekor terjadi pada mobil bertransmisi manual? Cara mengantisipasi kondisi tersebut sebetulnya masih sama. Tapi, patut diperhatikan, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan dorongan. Cara alternatif ini memanfaatkan dorongan yang diterima mobil untuk bisa menghidupkan mesin.

Langkah-langkahnya pun tidak rumit. Pertama, posisikan transmisi mobil pada kondisi gigi 3 atau 4. Kedua, injak penuh pedal kopling mobil Anda. Bersamaan dengan itu, dorong mobil hingga jarak 5-10 meter.

Jika sudah mencapai jarak yang sesuai, lepas pedal kopling pelan-pelan. Apabila Anda berhasil, biarkan mobil tetap hidup selama kurang lebih 20 menit. Tujuannya adalah agar aki bisa terisi kembali.

Mengetahui penyebab aki tekor

Selain mengetahui cara mengatasi aki tekor, ada beberapa indikasi penyebab cara yang kerap dialami para pemilik mobil.

Mobil tidak pernah dihidupkan

Mobil yang terlalu lama didiamkan akan menyebabkan tegangan listrik pada aki menurun. Agar tegangan listrik aki tetap normal, usahakan untuk selalu menghidupkan mobil. Jika mobil tidak digunakan, cukup panaskan mesin mobil selama beberapa menit pada pagi hari.

Menghidupkan AC saat mobil mati

Kesalahan dalam penggunaan mobil pun bisa menyebabkan aki tekor. Salah satunya adalah menghidupkan AC atau head unit saat mobil dalam kondisi mati. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa memperpendek umur aki.

Terlalu banyak aksesoris mobil​​​​​​​

Penyebab lainnya adalah penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan. Anda mungkin ingin membuat tampilan mobil semakin oke dengan menambahkan lampu, audio atau perangkat elektronik lainnya.

Mesti diketahui, semakin banyak perangkat elektronik dipasang pada mobil, maka semakin keras kerja aki. Untuk itu, pastikan perangkat elektronik pada mobil Anda tidak melampaui batas kemampuan aki.

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,590PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles