Muncul Bercak Karat di Piringan Cakram Mobil, Wajarkah?

- Advertisement -

NMAA News – Sebagai komponen deselerasi atau menurunkan laju mobil, rem berperan penting terhadap aksi tersebut. Mengingat fungsinya begitu penting, juga menjadi peranti keselamatan. Banyak diantara para pemilik mobil mempertanyakan kondisi bercak karat di bagian piringan cakram. Wajarkah?

Dihimpun dari berbagai sumber, kondisi tersebut wajar adanya. Sebab, umumnya cakram mobil terbuat dari baja yang terbilang rentan korosi. Padahal kondisi tersebut disebabkan adanya proses oksidasi antaar material besi, air dan udara.

Piringan cakram mobil terbuat dari besi cair tanpa laburan cat. Teknik ini sengaja dilakukan pabrikan supaya dapat menghadirkan koefisien gesek. Tentunya jarang adanya piringan cakram sudah di cat.

Karena itu, tak usah khawatir terhadap hadirnya bercak karat yang muncul di piringan rem. Justru akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa kali di rem. Bercak karat pada material baja cor atau baja tuang di piringan cakram tidak mempengaruhi efek pengereman. Karat tersebut akan terkikis oleh kampas rem.

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,590PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles