Toyota Supra MKIII (A70) Tanam Wide Body, Mesin Diupgrade Hasilkan Tenaga 721 HP

0
Foto: SpeedHunters
- Advertisement -

NMAA News – Toyota Supra MkIII (A70) merupakan model legendaris dan krusial bagi generasi Supra di awal 90an.

Karakter asli Toyota Supra MkIII tersebut dikreasikan ulang oleh perusahaan tuning asal Jerman, Wektor. Bagi mereka, Toyota Supra turut memberikan ide dan inspirasi saat pertama kali memilih fokus sebagai spesialis body convertion di 1988 silam.

Saat itu, founder Wektor Johann Bergmeier mengenalkan fiberglassBreitbau yang diklaim dapat menambah dimensi lebar bodi mobil hingga 40 cm ke sejumlah tuner modifikasi.

Tak berhenti sampai disitu, Bergmeier mulai fokus merambah bidang tuning mesin 3.0 liter 7M-GTE untuk melecut tenaga 420 HP dalam paket tuning performa, Wector Competition dalam edisi terbatas hanya 68 unit.

Foto: SpeedHunters

Bangkitnya kreasi liar Wektor di mobil performa salah satunya ditunjukan dari modifikasi Supra MkIII yang diliput oleh media otomotif SpeedHunters. Konsep modifikasi Restomod diaplikasikan lebih detail.

Bedanya, jika berkaca pada kreasi Wektor di penghujung 1988 modifikasi Supra MkIII ini menunjukan tampilan lebih agresif berbalut gaya period-correct. Hal ini terlihat dari ventilasi udara samping yang biasa ditemui di Ferrari Testarosa.

Foto: SpeedHunters

Ubahan eksterior turut digenapi dengan hadirnya empat buah fender baru, bumper depan, side skirts, dan diffuser belakang. Dilanjut sejumlah part eksterior seperti spion berbahan karbon pada kedua sisi samping.

Melirik ke sektor kaki-kaki, Supra MkIII sudah mengusung suspensi coilover dari BC Racing. Sementara komposisi sektor roda disematkan velg model 3-piece Tramont Wheels ukuran 17 inci berbalut ban performa tinggi, serta dukungan peranti rem Willwood.

Nuansa restomod juga terasa di mesin 7M-GTE usai mendapat turbo ganda Garrett GTX30 dipadu peranti Intercooler custom, hingga oil cooler.

Foto: SpeedHunters

Bukan hanya itu, sistem bahan bakar ikut berganti. Seperti intake ganda, sistem bahan bakar fleksibel dari KMS, injektor Bosch EV14 (2.000 cm³) dan tiga pompa bahan bakar Bosch Motorsport 044.

Dari serangkaian ubahan tersebut, performa mesin diklaim dapat menghasilkan tenaga 721 HP (732 PS) dan torsi optimal 781 Nm dengan boost turbo 1,72 bar (25,3 psi). Tenaga mesin dikawinkan dengan girboks 5 percepatan R154. Agar akselerasi semakin mantap, bahan bakarnya pun menggunakan E85 atau campuran Etanol 80 persen dan bensin 15 persen.

Foto: SpeedHunters

Memasuki ruang interior, Wektor memberi sentuhan eksotis dari material berbahan kulit dalam paduan skema warna merah dan hitam. Ada juga logo pitbull di bagian setir sebagai identitas Wektor dan tuas persneleng besutan JEGS untuk mendukung perpindahan gigi transmisi.

- Advertisement -