NMAA News – Kemunculan pertama kali Nissan Silvia 240SX di Amerika Serikat (AS) melahirkan optimisme di benak pecinta drifting.
Selain menambah pilihan kendaraan Jepang yang lebih dulu dikenal berukuran kompak plus mesin bertenaga, mobil berbekal sasis istimewa di silsilah S-Chassis ini ternyata asyik buat dimodifikasi.
Jack Almario, pemilik Nissan 240SX bertampang Dodge Challenger membagikan cerita seru modifikasi mobilnya ke laman motortrend. Menurutnya, citra JDM-Amerika membuat 240SX banyak digemari. Meski tampilan mobil Jepang, tetapi mesin 2.400cc membuatnya tampak seperti muscle car.
Saat mempertimbangkan konsep, Jack sudah memilih tema modifikasi mobilnya supaya bisa meliuk-liuk di aspal memeragakan aksi drift.
Pengerjaan body paling utama adalah memasang full package Rocket Bunny Boss widebody aero conversion berupa conversion body kit dari Pandem Rocket Bunny. Paket satu ini dikenal punya tampilan fascia mirip Dodge Challanger.
Memperlihatkan ujung bonet tegas, lampu membulat, dan grill yang mirip seperti mobil keluaran 1970an. Selama beberapa bulan melalui proses modifikasi bodi, seluruh permukaan panel dikelir ulang oleh warna hytonic Blue paint.
Tetapi, bagian depan harus diakali ulang karena proporsi depan lebih ceper usai diberi bumper baru. Dilanjut memasang kap mesin, seluruh fender, dan lainnya.
Dibalik ruang fender sudah bercokol apik pelek ukuran 18x(10+11.5) Volk Rays TE37 dilengkapi dua ban depan 275/40 Nitto NT01 dan belakang 235/35.
Memanfaatkan ruang mesin cukup lega Nissan 240SX, Jack Almaro menunjuk mesin Toyota 2JZ-GTE menggantikan SR20 bawaan Nissan. Kemudian, mesin baru berkubikasi 3.000cc tersebut duduk sempurna dipaten Cusco engine mounts, kemudian memasang custom exhaust manifold, intake 4 inci, down pipe dan racikan internal baru.
Sementara itu dopingan tenaga turbocharger disempurnakan oleh down pipe titanium intercooler piping, TiAL blow-off valve, Precision 44mm wastegate with dump tube sampai oil cooler dan sejumlah piping. Di tahap final, tuning mesin diatur melalui Haltech Platinum Sport EMS.
Ubahan cukup masif di sektor tenga dipercaya membuat mesin 2JZ-GTE dapat menyemburkan tenaga sampai 705 HP dan torsi 545 lb-ft. Tenaga mesin diolah langsung melalui transmisi 5 percepatan Toyota (R154) ke sistem penggerak roda belakang.