Ford Mustang Dark Horse R Siap Panaskan Aspal Sirkuit, Serap Unsur Ford Mustang Versi Track-Use

0
Foto: Ford
- Advertisement -

NMAA News – Ford Mustang Dark Horse R menjadi varian track-use paling ditunggu dalam beberapa bulan terakhir. Edisi spesial ini adalah mobil balap turn-key khusus untuk balap di sirkuit.

Sebagai pengisi line up Ford Mustang generasi ke-7, divisi Ford Racing mengadopsi elemen mobil balap versi trek dari Ford Mustang GT3 dan GT4.

Berasal dari basis Ford Mustang Dark Horse standar, versi istimewa ini ini hanya bisa digunakan di trek balap.

Divisi Ford Racing memberikan racikan jitu untuk membuat tenaga mesin makin melonjak, handling nyaman, dan melengkapi kemampuan aerodinamis.

Foto: Ford

Sektor tenaga ditunjang oleh mesin V8 berkapasitas 5.0 L naturally aspirated (NA).

Diikuti peningkatan di sektor lubrikasi oli, pendinginan transmisi, differensial, knalpot performa Borla, dan hingga sistem pengaturan bahan bakar.

Tenaga potensialnya diolah langsung dari transmisi manual 6 percepatan Tremec untuk dilanjutkan ke dua roda belakang melalui sistem differensial selip terbatas.

Penyesuaian performa Ford Mustang Dark Horse R dilengkapi juga oleh peredam Multimatic DSSV, anti-roll bar, hingga pelat camber depan yang dapat disesuaikan.

Foto: Ford

Secara visual, Ford Mustang Dark Horse R 2024 mendapat sejumlah part modifikasi untuk mendukung kebutuhan mobil performa tinggi.

Bodi hitam legam dengan imbuhan grafis livery unik pada eksterior bersanding dengan velg Ford Performance Parts R1 ukuran 19 inci yang dibalut ban jenis slick dan dukungan peranti rem Brembo.

Lanjut ke ruang kabin, posisi kokpit dimanjakan dengan dua buah kursi bucket Recaro, setir kemudi Sparco, dan pemasangan roll cage untuk keselamatan pengemudi.

Foto: Ford

Setiap pemilik Ford Mustang Dark Horse R berkesempatan mengikuti kompetisi seri balap single-make ‘Mustang Challange’.

Seri balap arahan asosiasi The International Motor Sports Association (IMSA) dan yang digagas Ford Performance Racing School ini siap digelar pada 2024 mendatang.

Dalam agendanya, kompetisi balap terdiri dari 10 hingga 12 seri yang berlokasi di 6 trek berbeda.

Beragam keunggulan Ford Mustang Dark Horse R bisa ditebus dalam harga $145.000 atau setara Rp 2,186 miliar untuk pengiriman batch pertama pada 2024 atau sebelum Mustang Challange berlangsung.

- Advertisement -