NMAA News – Era keemasan 1970 dan 1980 pabrikan Porsche dikenal memiliki mobil balap bertenaga buas dari kombinasi Porsche 934 dan 935 bernama Porsche 934/5. Mobil balap generasi Porsche 911 tersebut dikenal memiliki part aerodinamika agresif, tetapi nyaman dikendarai.
Sejarah mencatat, 911 turbocharged sukses meraih kemenangan bergensi dalam 6 kali seri balap di laga panas SCCA Trans American. Tak heran, banyak para penggemar generasi Porsche 911 terinspirasi untuk kembali ‘melahirkan’ mobil balap tersebut di masa sekarang.
Salah satunya modifikasi spesial dari pemilik Porsche 911 yang digarap oleh perusahaan tuning Amerika Serikat, Singer Vehicle Design (SVD).
Untuk membangkitkan sisi eksklusivitas Porsche 934/5, pelanggan SVD membawa generasi 911 kedua (964) dalam mewujudkan impiannya tersebut. Alih-alih punya kemiripan identik, proyek modifikasi ‘special order’ berbasis 964 diberi sentuhan personalisasi mengikuti keinginan pemiliknya.
Paling utama, mesin bawaan 964 sudah dilengkapi peranti turbocharging yang dihasilkan melalui program Dynamics & Lightweighting Study (DLS). Pengerjaan turbocharging DLS Turbo ini telah disiapkan sebagai tribute SVD kepada deretan mobil balap ketahanan Porsche di era 1970 sampai 1980.
Dengan tujuan mendongkrak performa, mesin flat-six berkapasitas 3.800 cc mengganti part internal mesin, diikuti penggantian part performa tinggi. Seperti wastegate listrik, intercooler, dan kipas bertenaga listrik. Alhasil, racikan tersebut mendukung lonjakan tenaga mencapai 700 HP.
Lalu, lonjakan tenaga potensial tersebut disambungkan ke sistem transmisi 6 percepatan untuk disalurkan ke dua roda belakang. Tak hanya itu, ubahan juga menyasar sektor suspensi agar lebih kokoh dan nyaman saat bermanuver.
Begitu pun peranti penjinak tenaga kini mengusung cakram jenis ceramic-carbon plus kaliper monoblok. Sedangkan sektor roda ditopang velg Magnesium Forged ukuran 19+20 inci berbalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2.
SVD mengganti sejumlah sektor bodi berganti menggunakan material serat karbon melalui tahap analisis dinamika fluida komputasi (CFD). Menampilkan desain baru pada intake depan, air vent di kap mesin untuk melepas panas, dan intake fender belakang, serta saluran NACA yang bertugas mendukung sistem pendinginan rem.
Sentuhan personalisasi lain di Porsche 964 berkelir warna Blood Orange juga sudah dilengkapi dengan bumper, splitter depan, spoiler belakang, bumper belakang, dan diffuser.