NMAA News – Mitsubishi XFORCE resmi melakoni debut global dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (10/8). Mengisi segmen compact SUV 5-seater, Mitsubishi XFORCE dikembangkan langsung sesuai kebutuhan konsumen di wilayah ASEAN.
Di tengah menggeliatnya segmen compact SUV 5-seater dengan pertumbuhan mencapai 50 persen lebih, Mitsubishi XFORCE akan menghadapi para pesaing di segmennya berbekal teknologi, model, dan imbuhan fitur terkini yang menawarkan ragam pilihan untuk konsumen.
Dalam mengusung tagline ‘Infinite Xcitement’, produk terbaru Mitsubishi Motors ini akan diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Bekasi, Jawa Barat) 2, dan siap dipasarkan di negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.
“Compact SUV ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini. Kami berharap Mitsubishi XFORCE akan menjadi teman yang paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan oleh para pengemudi, memberi mereka kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru,” buka Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.
Menyikapi tren SUV 5-seater saat ini, Mitsubishi XFORCE dirancang dan dikembangkan melalui riset dan pengujian langsung sebagai role model yang dikembangkan dari kebutuhan dasar konsumen masyarakat Indonesia untuk memperluas distribusinya di penjualan ekspor.
Karakter stylish dan robust Mitsubishi XFORCE dirancang khusus sebagai SUV autentik yang mengacu pada konsep Best-suited buddy for an exciting life.
“Selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV, kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan XFORCE untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” terang Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.
Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menyampaikan, bukan sekedar mencerminkan karakter kepribadian dan citra pemiliknya.
Akan tetapi, Mitsubishi XFORCE tetap mengutamakan berbagai aspek penunjang lain, mulai dari kelengkapan fitur, kenyamanan, dan performa tenaga. Hal ini sebagai pertimbangan matang calon konsumen dalam memilih kendaraan untuk mendukung mobilitas sehari-hari.
“Kehadiran Mitsubishi XFORCE akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia yang sejalan dengan preferensi beragam konsumen yang menyiratkan kebutuhan akan mobil compact SUV yang mengakomodasi sisi futuristic, prestigious, dan comfort, ditunjang oleh layanan purnajual dalam tingkatan optimal,”kata Atsushi Kurita.
“XFORCE hadir di pasar populer yang telah diisi banyak merek dengan berbagai teknologi, model dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. Untuk itu, XFORCE harus menjadi Game Changer, seperti layaknya Xpander di tahun 2017 saat memasuki pasar Small MPV di Indonesia yang juga sangat populer saat itu,” lengkapnya.
Mitsubishi XFORCE mengekspos bahasa desain khas Dynamic Shield yang merefleksikan karakter kuat, futuristik, sekaligus mewah. Lampu depan berkonsep T-Shape terdiri dari beberapa klaster, mencakup lampu utama LED, guide lamp, hingga DRL berbentuk L-shape yang menyatu dengan bahasa desain Mitsubishi.
Senada bagian depan, sektor buritan menampilkan bentuk huruf L di bagian lampu yang sudah mengusung teknologi LED. Tampilan visual paling menonjol dari dua model lampu ini memberi keunggulan visibilitas saat berkendara. Sementara itu, karakter khas SUV diperkuat dari pemilihan velg sporty ukuran 18 inci.
Keleluasaan ruang kabin termasuk shoulder room, leg room, dan hip room tercipta dari panjang wheelbase Mitsubishi XFORCE mencapai 2.650 mm dengan dimensi panjang dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, dan ground clearance 222 mm.
Kemudian, tata letak tempat duduk dapat diatur 8-step reclining (17 hingga 33 derajat), konfigurasi kursi belakang 40:20:40 serta sisi kenyamanan dari seat material yang dilengkapi fitur anti heat guard technology.
Unsur modern di ruang kabin berkapasitas 5 penumpang mengedepankan kenyamanan penghuni belakang selama di perjalanan.
Ditambah suguhan fitur hiburan dari layar 12,3 inch Smartphone-Link Display Audio dengan kualitas visual terbaik, konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay4, dan Digital Driver Display 8 inci. Seluruh fitur itu berpadu apik dengan desain warna dasbor White Melange dan Mocha.
Produksi suara lebih jenis dari sistem audio Yamaha diatur dari dari 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat menyesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).
Untuk fitur keselamatan aktif, Mitsubishi XFORCE dibekali 4 airbags, dilengkapi teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) mencakup Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System.
Di sektor tenaga, Mitsubishi XFORCE menggendong mesin 4A91 berkapasitas 1.499 cc DOHC 16-valve dengan output tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke dua roda depan (front-wheel-drive) melalui transmisi CVT.
Pengemudi dapat memilih empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Mud. Khusus mode Wet Mode menjadi mode berkendara pertama kali dari seluruh model Mitsubishi Motors.
Mitsubishi XFORCE hadir dalam tipe Exceed dan Ultimate dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.
Setelah resmi dijual di Indonesia, Mitsubishi XFORCE ditawarkan mulai Rp 379,9 juta untuk varian Mitsubishi Exceed dan tertinggi Rp 412,9 juta pada varian Ultimate.