Datsun 240Z Electromod, Calon ‘Batmobile’ Masa Depan Berkekuatan Setara Tesla Model S

0
Disiapkan Khusus untuk SEMA Show 2023 | Foto: carbuzz/makehastecorp/colorsponge
- Advertisement -

NMAA News – Datsun 240Z menjadi pembuka generasi Nissan Z di penghujung 1969.Generasi pertama ini dikembangkan langsung selama tiga tahun lamanya untuk menciptakan sebuah sportcar coupe berbekal mesin 6 silinder dan layout 2 tempat duduk.

Kesuksesan Datsun 240Z terlihat dalam waktu singkat setelah mendapat pengakuan setelah laku terjual lebih dari 520.000 unit.

Basis mobil ikonik asal Jepang ini membuahkan inspirasi bagi Ash Thorp, bengkel modifikasi pembuat Batmobile di film The Batman (2022).

Dengan prospek berbeda, Batmobile kali ini menjadi sebuah simbol proyek rahasia Datsun 240Z Electromod yang difokuskan untuk menjegal mobil listrik Tesla Model S. Minimal, menjadi build terbaik dari sejumlah Tesla Model S modifikasi di panggung SEMA Show 2023.

Foto: carbuzz/makehastecorp/colorsponge

Proyek modifikasi kali ini merupakan kolaborasi antara Thorp dan desainer visual Calos Pecino. Dalam unggahan foto teasernya, bodi Nissan Z Electromod dirancang oleh rumah desain Make Haste Corporation (MHC) dengan mengekspos tampilan agresif mengadaptasi elemen desain simpel dari Batmobile.

Mobil ini menerima suguhan part modern secara masif tanpa menghilangkan karakter Nissan Z pertama dari tahun 1969. Perbedaan paling menonjol, kini terletak pada pemilihan powertrain listrik dibanding menjaga mesin SR20 bersemayam di engine bay.

Dari foto cangkang bodi tersebut, mulai terlihat garis atap mirip 240Z dengan sentuhan modifikasi satu set body kit mengelilingi bagian bodi.

Mulai dari bumper depan dilengkapi intake menganga, over fender lebar, side skirts, dan kontur pintu bermodel sporty.

Foto: carbuzz/makehastecorp/colorsponge

Lanjut ke belakang, 240Z menerima bumper baru, diffuser, serta ducktail minimalis. Semua bagian bodi masih terbilang ‘misterius’ dengan hanya memilih skema warna hitam doff.

Sektor tongkrongan tampak lebih padat usai menerima velg berkelir hitam plus aerodisc berbalut ban tapak lebar untuk menghasilkan meaty fitment.

Selama pengerjaannya, besar kemungkinan limpahan part karbon tersebar merata di beberapa bagian bodi. Sebab, 240Z modern ini bakal bertugas menjegal Tesla Model S dengan kemampuan performa dan handling lebih baik.

Kabarnya motor listrik ganda berkekuatan lebih dari 1.000 hp tengah disiapkan. Sebelum menarik perhatian para audiens pameran otomotif Amerika Serikat (AS), SEMA Show pada November mendatang.

- Advertisement -