NMAA Proper Modz – Nissan Skyline GT-R R32 dikenal punya jantung pacu bertenaga dari mesin 6 silinder segaris berkode RB26. Sesuai regulasi tenaga yang berlaku saat Skyline GT-R R32 meluncur, mesin ini dapat menghasilkan 276 hp dengan torsi 260 lb-ft.
Tetapi bagi David Anton, car enthusiast asal Australia mesin RB26 saja tidaklah cukup memuaskan keinginannya mendongkrak tenaga sang Godzilla. Berbagai pertimbangan darinya memilih mesin donor baru akhirnya jatuh pada konsep modifikasi ‘frakenstein’.
Blok mesin RB26 ditanggalkan dan diganti dengan blok mesin disel kepunyaan Infinity Q50 berkode RD28. Sedangkan bagian head yang bertugas mengolah saluran masuk udara dan bahan bakar ke mesin (intake) serta menjadi saluran keluarnya asap sisa pembakaran (exhaust) tetap mengandalkan RB26.
Kombinasi antara blok mesin diesel RD28 didukung head RB26 dan sistem penyimpanan oli kering menghasilkan tenaga cukup impresif. Dalam pengujian terakhir, David menyebut kini tenaganya sanggup hasilkan 1.500 hp dengan boost turbo relatif tinggi.
Untuk mengolah tenaga dari mesin, transmisi tiga percepatan Turbo 400 mentransfer tenaga ke sistem penggerak empat roda. Kemudian, lonjakan tenaga tersebut mengalir sempurna ke semua roda yang telah diganti menggunakan velg TE37 ukuran 15 inci berbalut ban slick.
Menurut David, peranti rem bawaan Skyline GT-R R32 masih bisa diandalkan sebagai penjinak tenaga mesin monsternya.
Racikan performa tersebut berpengaruh terhadap kemampuan mobil menuntaskan jalur drag mencapai 185 mph. Derasnya tenaga dari mesin ke penggerak empat roda masih menyisakan potential problem, sedan sport tersebut sering kali mengalami limbung lantaran belum memasang rollcage.
Sehingga David mesti melakukan lift sebelum garis start untuk menghindari pantangan saat hendak memulai balap drag.
Bahkan, kemampuan akselerasi dalam seperempat mil bisa dituntaskan hanya 8,5 detik pada kecepatan mencapai 160 mph.