Seleksi Mobil Terbaik NMAA Top 50 Libatkan Tuner Internasional

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA News – Ajang pameran industri modifikasi aftermarket OLX Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2023 kembali melibatkan tuner modifikasi Internasional dalam pemilihan jajaran mobil modifikasi terbaik NMAA Top 50.

NMAA Top 50 Director Erwin M. Chairudin mengatakan gelaran OLX IMX 2023 yang berlangsung pada 29 September – 1 Oktober di Hall A-B, JCC, Jakarta kembali melibatkan penilaian oleh tim juri NMAA.

Sebagai asosiasi yang mencakup modifikator, produsen aftermarket, bengkel spesialis, dan komunitas NMAA menggandeng juri maupun kurator Internasional untuk terlibat langsung dalam pemilihan mobil modifikasi terbaik NMAA Top 50.

“Tiap tahunnya NMAA Top 50 menjadi sebuah ajang pembuktian karya para pegiat modifikasi Indonesia ke kancah internasional. Tahun ini kami kembali mendatangkan Overseas Judge yaitu Ryan Basseri dari Rywire Motorsport, Founder dan CEO Liberty Walk Wataru Kato serta Toshiro Nishio, Head Designer West Coast Customs Musa Tjahjono, perwakilan Osaka Automesse, sampai Keiichi Tsuchiya,” kata Erwin dalam interview persiapan NMAA Top 50 di unggahan video NMAA TV, Minggu 3 September 2023.

Erwin melanjutkan, para tuner modifikasi internasional tersebut nantinya akan membawa standarisasi dari negara asalnya untuk dibagikan kepada industri modifikasi Indonesia.

Foto: NMAA

“Menjadi ajang saling bertukar ilmu, pengalaman, dan teknis modifikasi agar mengarah ke konsep modifikasi proper. Seperti kita ketahui, Indonesia dengan beragam potensi yang ada sudah bisa menjadi barometer modifikasi dari Asia Tenggara. Melalui OLX IMX 2023 ini, kami semua berupaya memajukan kreativitas dari Indonesia ke kancah internasional,”lengkap Erwin.

Hingga sekarang, antusiasme para modifikator mendaftarkan mobilnya dalam jajaran NMAA Top 50 sudah mencatat sekitar 500 unit lebih mobil modifikasi.

“Ratusan mobil modifikasi yang sudah masuk akan diseleksi menjadi 50 besar, 10 besar, 5 besar, mobil favorit masing-masing juri, dan mengumumkan apresiasi tertinggi The Ultimate NMAA Top 50 tahun ini,”jelas Erwin.

Foto: NMAA

Sama seperti tahun lalu, modifikator dipersilakan mengirim submisi berupa foto mobil dan spesifikasi lengkap melalui DM Instagram @indonesiamodificationexpo.

Setelah data terhimpun, para juri dan kurator mulai menilai mobil yang laik masuk ke jajaran NMAA Top 50.

Lalu, tahap selanjutnya 50 mobil terpilih akan dihubungi pihak panitia untuk bersedia mendatangkan mobilnya di area venue OLX IMX 2023.

Beragam konsep dan tema modifikasi yang sudah mendaftar saat ini terbilang semakin variatif. Tak heran jika menyulitkan tim juri dan kurator dalam menentukan mobil proper yang lolos masuk ke jajaran NMAA Top 50.

Foto: NMAA

“Poin penilaian NMAA Top 50 tahun ini menekankan aspek out of the box dari masing-masing mobil. Ide orisinal ini yang jadi pertimbangan juri dan kurator untuk memilih 50 mobil terbaik yang berasal dari beberapa kota di Indonesia. Rata-rata banyak mobil – mobil yang baru muncul, selain kita juga menghadirkan kolaborasi tuner lokal dan internasional nantinya,”ucap Erwin.

Program tahunan NMAA Top 50 terbuka untuk seluruh mobil modifikasi. Setiap modifikator maupun bengkel spesialis berhak mengikuti sesi kurasi dan penilaian karya orisinalnya.

Mobil modifikasi yang dinilai tak hanya dilihat dari kualitas pengerjaan modifikasinya saja. Namun juga harus membawa konsep dan karakter modifikasi, layak jalan, estetika, fungsi, dan aspek keselamatan.

- Advertisement -