STP Taisan Skyline GT-R R32, Mobil Balap Andalan Dua Legenda Drifting di Ajang JTC 1993

0
Foto: classicdriver
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Selang satu tahun setelah ajang Australian Touring Car Championship (ATCC) 1992 Nissan Skyline GT-R R32 mempercundangi Ford Sierra Cosworth, ada momen menarik dari ajang Japan Touringcar Championship (JTC).

Basis mobil serupa yang dinaungi tim STP Taisan menikmati manisnya kemenangan dalam putaran ke-2 JTC tepat di tahun 1993.

Mobil bernomor 2 ini dikendarai oleh Father Of Drifting, Kunimitsu Takahashi hingga berhasil finish di posisi kedua pada putaran ke-4.

Foto: classicdriver

Siapa sangka, rekan satu kokpitnya adalah sang Drift King Keiichi Tsuchiya yang saat itu berusia remaja.

Mobil khusus yang dikembangkan bersaing di Grup A JTC sejak 1991 seolah menjadi ‘ruang dua dimensi’, mempertemukan penggagas drifting dan calon regenerasinya saling bertukar setir kemudi.

Kedua tokoh berpengaruh dari dunia drifting Jepang berada di satu tim memperjuangkan gelar juara. Takahashi-san lebih dulu menguasai teknik melahap sudut tikungan dari sejumlah kejuaraan balap di tahun 1960-an. Sedangkan, Keiichi mempelajari teknik drift secara otodidak di kisaran tahun 1980-an.

Spesifikasi Taisan STP Nissan GT-R Skyline R32

Terjun di Grup A JTC, mobil berbasis Nissan Skyline GT-R R32 mendapat sejumlah ubahan penting di berbagai sektor.

Dikutip dari nissan-global.com, tenaga mesin bawaan 6 silinder segaris 4 katup DOHC berkode RB26DETT telah mengalami peningkatan silinder menjadi 2.568 cc.

Optimalisasi kinerja berkat pemasangan part khusus balap mendukung lonjakan tenaga sampai 550 ps pada 7.600 rpm dan torsi puncak 490 Nm pada 6.000 rpm.

Foto: classicdriver

Penyaluran tenaga dari mesin dilimpahkan ke dua roda belakang yang telah disesuaikan untuk menghasilkan cengkraman lebih baik ke aspal.

Tiap sumbu roda mendapat velg Volk Racing Superfine Mag ukuran 18 inci berbalut ban kompetisi Yokohama Advan dan sistem ventilated disc di sektor pengereman.

Foto: classicdriver

Dalam mendukung cornering speed, manuver, dan stabilitas saat berkendara, tim Taisan membekali suspensi multi link yang peredaman lebih baik di kecepatan tinggi.

Bobot keseluruhan mobil juga telah direduksi dengan hanya mencapai 1,260 kg melalui beberapa pemilihan part ringan.

Termasuk juga dimensi bodi dengan panjang mencapai 4,545 mm, lebar 1,755 mm, tinggi 1,320mm dan wheelbase 2,615mm.

- Advertisement -