Honda Civic EK2 Serba Oranye, Gendong Mesin B16A Ditopang Kaki Meaty

0
Foto: Team Alpha/NMAA
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Banyak yang mengira Honda Civic EK2 ini adalah versi Type R dengan kode sasis EK9. Dari segi tampang memang nyaris mirip, lantaran sudah mendapat imbuhan part ori milik mobil pertama dari keluarga Honda Type R.

Donor part tersebut menyebar di bagian eksterior. Mulai dari grill depan, front lip, kaca Cromax dengan bias hijau, sampai ke bagian detail seperti side skirt, trunk, spoiler, dan rear lip.

Konsepnya juga enggak main-main, tutur Rendy dari Gloss Perfect saat dihubungi nmaa.co.id, Rabu (11/10). Berbagai part tersebut terpasang sempurna disandingkan warna oranye dari color code Arancio Argos Lamborghini.

“Civic EK2 ini lebih menonjolkan sisi cat eye catching, detailing, juga mengusung tampang Civic EK9,”jelas Rendy.

Foto: TooDamnLow/NMAA

Karena itulah, dari segi tampang saja sudah terlihat berbeda dari versi standar EK2. Terlebih lagi, hasil pengerjaan di eksterior tetap dibiarkan resik tanpa menampilkan sisi agresif dari sebuah hatchback lawas keluaran 1996 yang sukses terpilih menjadi Rywire Car Favorite.

Disitu terlihat wujud dari penantian cukup panjang yang berpengaruh terhadap waktu pengerjaan modifikasi sektor bodi.

“Proses pengerjaan mobil ini dirampungkan dalam waktu 1 tahun. Kenapa lama? Soalnya kita menunggu part EK9 dan membenah bagian – bagian mobil yang sudah keropos,” sebut Rendy.

Selebihnya, saat menempuh pengerjaan modifikasi di bengkel spesialis body repair and repaint, Gloss Perfect asal Bandung kendala tersebut mampu terselesaikan.

Foto: Gorilla Flava/NMAA

Tak kalah menarik, sektor kaki-kaki menjadi sektor krusial untuk mendongkrak sisi tampilan dan performa Civic EK2. Yup, mengimbangi tampilan klimis di eksterior.

Bermula dari bagian suspensi yang telah mendapat part coilover Tein. Pemilihan part ini tentunya ditujukkan agar lebih nyaman saat handling dan bermanuver.

Kemudian bagian roda sudah mengisi penuh ruang fender setelah dipasang velg Volk Rays TE37 dibalut ban Nankang AR1. Melirik ke balik 5 palang tersebut rupanya sudah bercokol kaliper rem dari Spoon dengan dukungan selang rem dari Line Hell.

Foto: Meaty Fitment/NMAA

Tampaknya bukan sekedar mengejar estetika tongkrongan Civic EK2, ada maksud tersendiri upgrade pengereman bbk Spoon tersebut.

Sebab, mesin standar Civic EK2 sudah pensiun dini yang kini digantikan oleh mesin Honda B16A yang biasanya menjadi versi mesin stok Honda Integra XSi, CRX SiR, dan Honda Civic SiR (EF9).

Mesin lawas ini duduk presisi di area engine bay klimis usai menerima opsi wire tuck oleh spesialis wire tuck Intech. Tanpa terlihat lagi kabel – kabel menjulang, beberapa part aftermarket melengkapi sektor modifikasi mesin.

Foto: Gloss Perfect

Simpelnya, terdapat ubahan di komponen pengelola tenaga dari versi transmisi manual ke otomatis. Diikuti asupan udara lebih besar lewat open air filter J’S Racing untuk memasok udara yang masuk ke ruang bakar.

Sedangkan sistem pendinginan dikawal oleh radiator Koyorad dan extra fan milik Karimun yang berfungsi menjaga suhu mesin tetap ideal.

Masuk ke interior, pengemudi dimanjakan dengan sensasi berkendara laiknya Honda Civic EK9 Type R berkat hadirnya sejumlah part aslinya.

Semua bagian jok sudah dipasang dari copotan part EK9. Begitu pun pada bagian karpet dan door trim.

Spesifikasi Modifikasi

Mesin
-swap B16A stock
-gearbox matic
-open filter JSracing
-radiator koyorad big volume
-fan karimun
-wiretuck by intech

Interior
-rear seat EK9
-front seat SR3 EK9
-karpet EK9
-doortrim EK9

Eksterior
-repaint by gloss perfect
-kaca cromex EK9
-bagasi EK9
-spoiler Ek9
-front lip Ek9
-rear lip EK9
-sideskirt EK9
-grill EK9

Kaki-kaki
-velg TE37
-ban Nankang AR1
-kaliper spoon
-brake line hell
-shock coilover tein

- Advertisement -