NMAA News – Mazda Iconic SP hadir sebagai mobil konsep di pameran Japan Mobillity Show 2023. Mobil ini banyak menuai spekulasi sebagai suksesor ikon JDM Mazda RX-7.
Bagian paling mencolok dari detail rinci tentang Inconic SP terletak pada sektor dapur pacu yang mengandalkan dua mesin rotary sebagai range extender atau mesin bakar untuk mengisi daya ev ke baterai dan dihubungkan ke sistem penggerak roda belakang melalui transmisi otomatis.
Meski pihak Mazda belum mengkonfirmasi anggapan tersebut, Iconic SP dirancang khusus terhadap keinginan car enthusiast memiliki sebuah mobil futuristik yang membawa sensasi kegembiraan saat dikendarai .
Tubuh coupe dua pintu Mazda Iconic SP dilabur menggunakan warna Viola Red. Lalu bagian depan menampilkan bonnet lebih rendah, garis atap ramping, fender tegas dan imbuhan lampu popup Dua buah pintu juga dibuat berbeda dengan mengusung butterfly door.
Masuk ke ruang kabin, aura futuristik makin terasa berkat hadirnya cluster instrumen digital, layar sentuh di bagian tengah, jok semi bucket, dan paddle shifter di balik setir kemudi. Selebihnya, pelapis interior menggunakan kain Alcantara.
Tenaga dari mesin rotari tersebut nantinya disiapkan untuk melahap bahan bakar netral karbon. Konsep ini tidak jauh berbeda dari mobil produksi Mazda MX-30 R-ev yang mengusung mesin rotary sebagai pengisi daya untuk penggerak listrik.
Perusahaan juga menjelaskan bahwa distribusi bobot Mazda Iconic SP telah dirancang memiliki persentase 50:50. Sedangkan perpaduan tenaga dari dua buah rotor ke sistem ev sanggup letupkan tenaga mencapai 370 ps.
Secara total, tenaga potensial ini sebanding dengan bobot kendaraan yang mencapai 1.450 kilogram. Alhasil, Mazda Iconic SP memiliki power-to-weight ratio mencapai 3,9.
Sportcar masa depan ini memiliki dimensi panjang 4.180 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.150 mm, dan jarak sumbu roda 2.590 mm.
Mungkinkah akan menjadi sinyal kehadiran Mazda RX-7 generasi baru di masa mendatang?