NMAA News Flash – Kendaraan retro-klasik di bawah tahun 1980 memang punya paras ikonik tersendiri, terutama di kalangan kolektor.
Mempertahankan tampilan asli melalui proses restomod (Restorasi Modifikasi) belakangan ini jadi ramuan tepat menjaga kondisinya kembali bugar.
Dari banyaknya konsep restomod, biasanya para builder meramu ulang bagian penting mana saja untuk dipertahankan dan diganti dengan part modern.
Tidak sedikit dari mereka, mengakali sektor mesin yang terbilang cukup rumit untuk mendapat restorasi.
Selain suku cadang yang sudah diskontinyu, tidak banyak builder sanggup menangani mesin mobil lawas.
Solusinya, beberapa kendaraan tersebut kini ‘disetrum’ motor penggerak listrik seperti deretan proyek elektromod atau konversi mesin bensin ke motor penggerak listrik yang sudah dirangkum tim nmaa.co.id dari pameran SEMA Show 2023.
Ford Model A 1930 – Project E
Jajaran pertama, Ford Model A keluaran tahun 1930 di area booth Legacy ev. Tampang retro berpadu part menarik menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung.
Ford Model A kini mengusung penggerak elektrik dari motor listrik Zonic 180 Motor dilengkapi TorqueBox yang mampu hasilkan torsi melimpah 359 Nm dengan kemampuan tenaga 55 kWh atau 241 hp.
Suplai tenaga ke motor listrik disalurkan lewat Battery pack Felten FL10UBP55E 55 kWh secara merata. Sedangkan kemampuan jelajahnya sanggup menembus 110-150 miles atau kisaran 177 kilometer lebih.
Untuk pengisian daya, suplai listrik ke baterai memerlukan daya sekitar 6.6 kW dan sudah mendukung pengecasan cepat.
Jeep Willys M38A1 Military 1953
Mengisi area booth Future Tech Studio yang bersanding dengan kendaraan konversi listrik lainnya, veteran Jeep lawas Willys M38A1 Military 1953 garapan Meziere Enterprises sudah mempensiunkan mesin bensinnya.
Kini, motor listrik State of the Art Electric Propulsion dengan rasio penggerak 24:1 memulai tugas baru sebagai penghasil tenaga dengan kemampuan hasilkan 280 hp dan torsi deras 7000 ft-lbs.
Untuk mendukung sistem pendinginan motor listrik, Jeep Willys mendapat pasokan Twin path custom radiator dari Ron Davis.
Mobil ini didandani secara khusus sebagai dedikasi kepada sang veteran Jeep lawas dengan mempertahankan nuansa klasik, historis, dan elemen high-voltage electric.
Ford Mustang 1994 TKe EV Retrofit by Tremec
Ford Mustang 1994 di booth produsen transmisi aftermarket Tremec tampil sebagai mobil display sekaligus mobil demo produk transmisi manual 5 percepatan Tremec untuk mobil listrik.
Saat ini, transmisi manual Tremec TKe baru tersedia untuk Ford Mustang 1994 alias generasi keempat.
Rilisan transmisi ini tentu memudahkan pemilik mobil listrik beradaptasi setelah terbiasa menggunakan transmisi manual di mobil bermesin bakar.
Porsche 935 Moby-X
Membangkitkan sportcar lawas Porsche 911T di era modern bisa ditempuh dengan cara Restorasi Modifikasi (restomod).
Tak tanggung-tanggung, tahap reinkarnasi restomod dikerjakan oleh builder Amerika Serikat (AS), Bisi Ezerioha atau akrab disapa Bisimoto.
Mobil bernama Porsche 935 Moby X’ dibangun dari basis Porsche 911T keluaran 1977 dengan mengadopsi tampilan mobil balap retro Porsche 935.
Tahap modifikasi bermula dari mencangkokkan bodi custom fiberglass 935 ke tubuh Porsche lawas tersebut.
Urusan performa, Porsche custom asal Las Vegas ini dibekali motor listrik dengan kemampuan menghasilkan tenaga sampai 640 HP dan torsi 701 lb-ft (950 Nm).
Dalam pengujian terakhir, Porsche 935 wide body sempat merampungkan jarak sampai 160 mil.
Ferrari Testarossa ev
Supercar lawas Ferrari Testarossa sebagai puncak privilage tertinggi Ferrari secara murni hanya disisakan bagian bodi saja.
Proyek garapan bengkel modifikasi Gas Monkey Garage itu udah memotong bagian atap menjadi model speedster dengan kaca depan ultra-rak rendah. Kemudian, belakang sudah di rancang ulang menjadi model rollover bar dengan layout tiga tempat duduk!
Paling krusial, dapur pacu V12 berkapasitas 4,9 liter sudah digeser dengan powertrain listrik Cascadia Motion IDM-190 yang mendapat pasokan daya dari 36 buah baterai buatan Kore Power.
Motor penggerak listrik meneruskan suplai daya ke transmisi rasio tunggal 8,28:1 yang sanggup merilis tenaga 300 hp dan torsi puncak 500 Nm ditambah komponen inverter CM200.
Penggantian sumber tenaga diikuti dengan suspensi coilover Bilstein AS2-R supaya lebih sektor kaki-kaki lebih rigid.
Lalu, Gas Monkey Garage melengkapi ubahan roda dengan velg Vossen Wheels LC3-01 ukuran 19 inci di depan dan belakang 20 inci, dan kaliper rem Brembo.