Daihatsu Copen Mode Buas, Penantang SUV Mewah Perkotaan

0
Foto: Mo.Fac
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Banyak car enthusiast memaknai modifikasi sebagai wadah berkreasi menuangkan ide maupun gagasan personal. Sebagiannya, berpendapat jika memadukan dua konsep berbeda pada sebuah basis mobil tertentu.

Rumah modifikasi asal Jepang, Mo.Fac misalnya yang sudah banyak menghadirkan kreasi Kei Car roadster Daihatsu Copen. Tidak jauh berbeda dengan konsep Off-road yang sebelumnya menyita perhatian.

Kali ini dibangun lebih proper dan lebih banyak versinya. Model berbasis Daihatsu Copen dalam trim Xplay mendapat kaki-kaki jangkung yang siap melahap jalanan ekstrem.

Melalui kanal Youtube Option Channel, Daihatsu Copen dijejalkan sasis Compact SUV Suzuki Jimny, lengkap dengan penggerak semua roda juga komponen diferensial untuk mengatur traksi agar semakin menapak di semua medan jalan.

Foto: Mo.Fac

Dua mobil tersebut masing-masing menerima satu set sasis Jimny JB23 (668 cm³ L3), sedangkan LA400 Copen Jimny JB43.

Bagian fascia Copen sudah dilengkapi part aksesori mobil off-road. Misalnya skid plate di bagian bawah untuk melindungi komponen kolong mobil, tow hook di bagian grill, dan upgrade sektor penerangan agar lebih pede saat berkendara malam hari.

Lampu depan didatangkan langsung dari varian Copen GR Sport, kemudian sisipan foglamp LED dan lampu sorot LED di bagian kap depan.

Foto: Mo.Fac

Setup kaki-kaki jangkung dicirikan dari komponen lift kit yang meningkatkan jarak antara bodi dan permukaan jalan. Begitu pun sektor roda bergaya off-road, memadukan velg OZ Racing ukuran 15 inci yang dijahit rapi ban segala medan Yokohama Geolandar M/T.

Persiapan menjelajah jarak jauh diwujudkan dari hadirnya ARB sand ladder dan tangki Rotopax yang disematkan pada bagian rollcage belakang.

Foto: Mo.Fac

Belum diketahui apakah ada ubahan lebih lanjut di sektor tenaga, dalam kondisi standar Daihatsu Copen mengusung mesin 660cc turbocharged bertenaga 64 HP.

Limpahan tenaga mesin diolah melalui transmisi continuously variable transmission (CVT) untuk disalurkan ke sistem penggerak roda depan (front wheel drive).

Untuk mendongkrak tenaga mesin standarnya, penggantian pipa knalpot besutan HKS dianggap cukup meningkatkan kinerja mesin dan torsi.

- Advertisement -