NMAA Proper Modz – Nissan 350Z mengisi jajaran keluarga Z series dari pabrikan Nissan. Mobil sport keluaran 2002 lalu menjadi iterasi dari Nissan 300ZX (Z32).
Berdasarkan respon positif dari para car enthusiast saat itu, generasi Nissan Z ini berbagi platform FM dengan Infiniti G35 dan mesin V6 3.500cc milik Nissan Skyline dan Nissan Pathfinder.
Hingga sekarang, Nissan 350Z masih eksis di kalangan car enthusiast lantaran punya tampilan sporty dengan mesin bertenaga. Tapi sayangnya, mesin bertenaga 300 hp dengan torsi 371 Nm.
Tak puas dengan tenaga potensial dari pabrikan, engine swap menjadi opsi alternatif mendongkrak tenaga Nissan 350Z.
Seperti salah satu mobil modifikasi yang terparkir di antara mobil pameran pabrikan oli asal Jepang, Eneos dalam pameran SEMA Show 2023. Atau lebih tepatnya berada di Aula Pusat SEMA Show.
Tim nmaa.co.id awalnya melihat 350Z super lebar dengan overfender besar di keempat sisi bodi.
Menunjukkan tampilan lebih radikal, dibalik ruang fender velg fitment agresif ditampilkan oleh velg Weds LXZ ukuran 19 inci (12+14,5) dibalut ban Kumho 305/30 di depan dan belakang 355/30.
Struktur kaki-kaki kini ditopang oleh suspensi udara (airsus) untuk membuat bodi Nissan 350Z rebah ke aspal.
Tampilan radikalnya terlihat dari pintu berbahan serat karbon, hingga pipa tubular di bagian belakang yang dibiarkan terbuka tanpa hadirnya panel bodi.
Rupanya, selain fitment roda ada sebuah build yang menarik perhatian. Nissan 350Z ini sudah dibekali dua mesin Honda K-Series.
Nissan 350Z milik car enthusiast bernama Ashley Robinson menggendong dua mesin K24 plus imbuhan turbocharger dan dipasangkan dengan dua buah transmisi 5 percepatan dari Honda Civic EP3 yang dialirkan masing-masing oleh mesin ke penggerak roda.
Dua mesin dapat mrmpeoduksi tenaga ke penggerak roda secara individual. Baik di dua roda depan atau belakang saja. Menariknya, dua mesin ini juga bisa bekerja secara bersamaan memberi tenaga pada keempat roda.
Untuk mendukung kinerja mesin lebih optimal, beberapa part performa siap mengawal peningkatan tenaga.
Misalnya throttle body dan katup baru untuk mengolah bahan bakar yang ditampung oleh surge tank Nuke Performance dan disalurkan melalui injektor 2.200cc Alpha Injection ke ruang bakar.
Memastikan suhu panas mesin tetap ideal, dua unit mesin tersebut komponen electric air pump dari BMW siap mengatur pelepasan panas dari mesin. Selebihnya, semua pengaturan mesin diatur melalui ECU Hondata K-Pro.
Tenaga buas dari dua mesin Honda K24 diimbangi dengan kaliper rem Brembo copotan Hyundai Genesis.