Siapa Berani Sulap Honda Civic EF ala Mobil Balap Group A? Tengok Referensinya

0
Foto: Web Option/Exceed
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Tampaknya DNA balap di mobil – mobil Honda sudah mengakar dari beberapa tahun lalu. Secara tampilan, terlihat jika mobil Honda cenderung memiliki desain ‘less is more’, harga affordable, dan mudah dituning mengandalkan ragam part aftermarket.

Dari berbagai faktor tersebut, membuat car enthusiast pemilik Honda biasanya ingin modifikasi total lewat sejumlah ubahan tertentu berdarah JDM maupun Racing. Model hatchback lawas Honda Civic EF misalnya, atau dikenal Civic Nouva.

Tampilan minimalis dan nostalgic jadi alasan diburu sampai sekarang. Maka tak heran, jika banyak car enthusiast ingin merawatnya sekaligus diberi sentuhan modifikasi.

Untuk referensi, konsep relevan di Civic Nouva bisa menengok modifikasi besutan tuner Jepang, Exceed seperti dikutip nmaa.co.id dari kanal media Option.

Foto: Web Option/Exceed

Mengambil basis Honda Civic EF9, nuansa period-correct sesuai tren modifikasi mobil balap Group A yang dibangun oleh punggawa Exceed bernama Ikegami. Dia mengawali sentuhan modifikasi livery mirip mobil balap touring Group A di ajang JACCS.

Ide modifikasinya sendiri justru berawal dari CR-X Del Sol miliknya yang pernah mengalami trouble di sektor mesin setelah mencapai waktu tercepat 1 menit 28,3 detik di sirkuit balap.

Sampai akhirnya, Ikegami-san memutuskan untuk menanggalkan mesin B16A dan menjejalkan di bodi Civic EF9. Rombakan modifikasi yang tidak jauh berbeda, dengan bobot lebih ringan dan wheelbase lebih panjang menjadi awal rencananya tersebut.

Foto: Web Option/Exceed

Diet bobot kemudian diramu ulang agar makin kompetitif dan lincah di sirkuit. Cara ini dihasilkan berkat pemasangan tangki bahan bakar khusus, mengganti baut dengan rivet, rollcage 15 titik, dan masih banyak lagi.

Untuk memberi cengkraman optimal ke aspal, sektor roda jadi kuncinya. Dua roda depan menerima velg Enkei PF06 15×8 inci dibalut ban Advan A050 205/50 R15 dan ban belakang ukuran 195/55R15.

Jika dibandingkan, mobil balap versi asli Civic EF9 memiliki ukuran berbeda di keempat roda. Regulasi balap Group A mengharuskan ukuran velg depan 16 inci dan belakang 17 inci.

Foto: Web Option/Exceed

Meski tidak signifikan, tetapi Ikegami-san percaya jika setup roda baru terbilang fleksibel untuk diandalkan saat balapan di sirkuit.

Setup roda tersebut mengharuskan fender depan dan belakang diperlebar ditambah setelan negatif camber 4 derajat di depan dengan offset 25 dan belakang memiliki offset 35.

Foto: Web Option/Exceed

Di sektor tenaga, spesifikasi mesin B16A dirahasiakan oleh Ikegami-san. Sebagai petunjuk, dia menjelaskan jika bagaimana pun lonjakan tenaga yang dihasilkan skill berkendara yang wajib ditingkatkan oleh sang driver.

Terlebih lagi, menurutnya Civic EF9 memiliki tampilan bawaan yang sesuai dengan spesifikasi Group A dan bisa dikatakan sebagai mobil pemula bagi car enthusiast maupun penyuka motorsport yang ingin menjajal balap amatir sekaligus mengenal Group A itu sendiri.

- Advertisement -